reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

hukum keangkuhan dan hubungannya dengan mencontek November 7, 2008

Filed under: teori reaksi — diodinta @ 3:19 pm
Tags: , , ,

kengkuhan merupakan hasil reaksi dari kepercayaan diri yang tercampur oleh harga diri yang tinggi dan berbanding lurus dengan keegoisan (teori dintadioksida, 2008).
mencontek merupakan sebuah reaksi tercela, disebabkan unsur kemalasan dan rasa tidak percaya diri. (teori dintadioksida, 2008)

teori diatas hanyalah pandangan pribadiku tentang hal hal itu. itu semua menurutku, tapi bukan berarti aku menyalahkan dan merendahkan pendapat orang lain. dan teori diatas, hanyalah teori yang berlaku dalam diriku. entah berapa lama, aku mulai memutuskan untuk tidak mencontek. pertamanya emang karena aku menganggap unsur-unsur ke-nilai-an tidak penting lagi. dengan tidak membiarkan diri sendiri memperoleh kesempatan dengan cara yang terlalu mudah telah memberikanku kesempatan untuk berusaha lebih keras (walau usaha keras ini sesuai standar reaksi dinta dioksida saja) dan kemudian aku berpikir, mungkin itulah sebabnya aku diterima di setiap tes masuk universitas yang aku tempuh dibanding teman-teman lain yang punya prestasi akademik yang lebih tinggi dari aku. mungkin lho, walau aku tidak tau pasti…
tadi aku menyadari bahwa mungkin mencontek itu bukanlah hal yang straight salah, dalam konteks bahwa sebenarnya hal tersebut bisa mengangkat kita ke tempat yang seharusnya. aku tidak tau istilah yang paling tepat untuk mendeskripsikan kenapa seseorang tidak mau mencontek sedangkan yang lain mau, tapi aku menganggap itu sebagai keangkuhan.
sebagai contoh tadi, aku ujian salah satu ujian mid semesterku. kesalahanku aku tidak serius belajar karena aku merasa otakku telah mencapai titik jenuh. serius, aku bisa dibilang SAMA SEKALI TIDAK BISA mengerjakan SATU SOALPUN dengan benar. kebetulan ujian close book dan sehingga bisa dibilang itu semua soal hafalan (kalo tidak bisa dibilang coding BUTA) dan aku lumayan lemah dalam hafalan.sebagai orang yang menyadari kemampuan diri sendiri, aku tau aku tidak akan mampu sebanyak apapun aku memeras otakku. waktu itu, entah kenapa, ada keinginan dalam hatiku untuk melihat punya yang lain, apa lagi waktu itu tempat duduk lumayan PW deket temenku yang bisa dipercaya. pengawas pun tidak memperlihatkan keseriusannya dalam mengawasi jalannya ujian. tapi seberapa besarpun keinginanku untuk mendapatkan nilai bagus, sebesar apapun rasa maluku menghadapi kenyataan di masa depan, hatiku tetap tidak bisa mencontek. waktu kulihat lembar jawaban temanku itu lumayan penuh, hatiku sakit antara tidak ingin mengecewakan diri sendiri, mengecewakan aku dimasa depan, dan anehnya, aku merasa malu jikalau aku harus mencontek saat itu. sebenernya berlebihan juga sih, tapi berat rasanya menelan ludah sendiri. oleh karena itulah dengan persiapan akan menelan hal-hal pahit yang akan terjadi di kemudian hari, aku memutuskan untuk tidak mencontek. psysh, aku memang sangat angkuh.
padahal aku berpikir, pasti enak menjadi orang yang tidak punya rasa bersalah ketika sedang mencontek.aku ingin bisa mencontek saat ujian di kemudian hari. tapi ini bukan berarti bahwa aku akan mencontek. semoga saja tidak sampai. (maaf kalo menggunakan kata-kata panjang dan berbelit-belit)
begitulah. sebenernya cuman pengen curhat tadi gak bisa ngerjain soal, hehehehe…
hibur aku jika di kemudian hari aku menuliskan seluruh penyesalanku di blog ini……

 

20 Responses to “hukum keangkuhan dan hubungannya dengan mencontek”

  1. Ziezah Says:

    banyak yang senasib kali bu!
    Bersyukur aja,kamu bukan orang yg mencontek,berarti dirimu murni pintar tanpa perlu mencontek
    Ha ha ha,aku yo ra biso,parah,merasa bersalah tidak membuka buku php sama sekali.

  2. nonasheila Says:

    intinya kamu keki ama giri 😆
    gw kira giri juga sama tewasnya…abis waktu aku ngelamun (ngelamun karena bingung maw isi apa) kuliat giri juga celingak celinguk ga jelas 😆

    trus kenapa gak buka gugel? bukannya dah tes drive?

  3. gin Says:

    wah sori is,.
    bukan maw sok dengan lembar jawaban yang penuh,.

    aku tadi sempet ngliat pas beni ngerjain,.
    jadi masih inget dikit2..

    semangat!!!
    masih harus ujian BDL dan mengerjakan fikom nih…

  4. gin Says:

    @ nona sheila:
    enak aja,.
    aku gag ngelamun gag jelas ya,.
    pas itu lagi membenarkan jawaban onta yang gag pake type dalam input formnya.

    tapi keknya aku gag diperbolehkan gogling deh ama Yang Diatas.
    abis,. tiap kali maw coba gogling gag isa2 ik,..

  5. tiqa Says:

    yang sabar ya semuanya….
    tetep SEMANGAT……
    ayo berjuang buat fikom tuch…

  6. viestinlove Says:

    @ ziezah : br tw km zie klo aq pintar, hahaha.. (mentung-mentung diri ndiri g jelas) tp masih kalah jauh ma anak2 yg laen
    @ nonasheila : bukanny keki ma giri she. lebih tepatny keki ma diri sendiri. waktu itu mang lagi blank bgt..hpq kbetulan ditas. tp emang dasarny dah males she, pdhl klo mw ambil, tasny ddpnku low
    @gin : haha.. tp syukurlah gir,km bs ngerjain. g sia2 km anter jemput q (g da hubunganny,hehehe..)
    @tika : semangat si sudah kmbali. wah,, fikom…. (mbolak mbalik bahan kuliah, ‘benar2 mnmbah ketidakpastian’)

  7. nonasheila Says:

    ternyata fikom walaupun udah ujian tekhom teteuuuup…. KAGAK JELAS!!! 😆

  8. han2cute Says:

    ngomong2,,,saya tidak pernah “ngepek” pas ujian loh sejak lahir mpe sekarang…Insya Allah mpe lulus deh…amin…

  9. baobaz Says:

    dahulu saya sangat bangga dengan teknik mencontek tingkat tinggi yang saya miliki. Sampai-sampai bosen. Dan tersadarkan oleh perkataan seseorang.

    “kamu sih terserah aja kalo maw nyontek.. kl maw pinter ya silahkan, engga juga ya gpp, toh itu juga buwat kamu sendiri.”

    Begitu katanya. Dan dalam hati saya berkata. “Wah.. kl nyontek terus ga dapet untungnya, bener juga.” Dan semenjak itu saya berhenti mencontek. Tapi kadang2 pernah juga mencontek, tapi demi kebaikian. Seperti.. nyontek design web orang. Terus dipelajari cara biqinnya dan sejenisnya.

    Hore… semoga saya berada di jalan yang benar.

  10. viestinlove Says:

    @han2cute : ‘ngepek’ tuh yg bikin contekan kan y…
    @baobaz : wah,,mang tekhnik mncontek tingkat tinggi tuh gmn.

    wah,,sy jd malu mmpertanyakan kebenaran ttg ketidakmauan sy untuk mncontek. terima kasih telah menyadarkan saya.

  11. Kawaii Ayu Says:

    Saya seorang pengajar dan saya paling tidak suka kalo mirid saya mencontek karena itu membohongi diri sendiri….

  12. ma2nn-smile Says:

    hehehhe….. jadi inget pas sma kls 1…..
    gw palink getol marahin anak gak bener termasuk nyontek eh, malah ketularan

  13. viestinlove Says:

    @kawaii : waduh,, ampun bu guru 😀

    @ma2nn : lah sampeyan piye,, gak punya pendirian,hehehe..

    salam kenal semuanya…..

  14. han2 Says:

    ngepek itu bikin contekan…
    aku belum pernah nyontek loh….ehehehe…

  15. mujisas Says:

    mencontek tapi sambil belajar

  16. viestinlove Says:

    @han : wah,,luar biasa…. pertahankan terus!!!
    @mujisas : hehe,,bljr sambil mencontek, gmn alurny tuh..

  17. coco Says:

    hai,,,,,,,
    mau share ada buku bagus looooo
    tentang air,,,,,,,,
    pesan dari air…..
    gimana kita belajar dari alam…..
    gimana air bisa menerima sinyal dari suara, getaran yg di pacarkan oleh sesuatu,,,,,,, buku nya sangat menarik……
    judul The Hidden Messages in Water karya Masaru Emoto…..
    aku dapat info dari dosen pembimbingku…….
    selamat menikmati buku neh…….

  18. ayip_eiger Says:

    Sebenarnya dari SD aku sudah terbiasa ga nyontek. Tapi semenjak SMP gara2 melihat betapa membuminya kebiasaan mencontek, sampai2 kami membangga-banggakan kebiasaan mencontek melalui teknik tingkat tinggi sampe kebanggaan karena ketahuan guru (ha..ha..-Bego ya?), akhirnya sampai hari ini aku masih menyisakan kebiasaan itu. Tapi dalam hal ujian akhir, ataupun penentuan masuk sekolah, macam UAN, UAS, dan UM UGM aku tetap berkomitment tidak ada jawaban yang tidak berasal dari buah pemikiranku sendiri, sehingga aku sampai di ILKOM pun memang dari hasil perjuanganku sendiri. He..he.. Semoga ke depan aku semakin jarang mencontek waktu ujian. Tapi kalo kepepet… he..he.. rahasia donk…

  19. viestinlove Says:

    @ coco : thanks buat resensinya
    @ayip : wah,aq bangga padamu yip,hiks.. ::lebay mode on::

  20. kHie Says:

    buatku lebih enak minta contekan ke teman daripada nyontek di buku 😀

    uhhmm…gak bisa menjawab soal ujian = nilai jelek = ngulang mata kuliah (horeeeee *loh kok*) huehehehehhehe


Leave a Reply

