reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

paranoid : not that bad November 24, 2008

Filed under: curhat — diodinta @ 10:09 am

Paranoia is a disturbed thought process characterized by excessive anxiety or fear, often to the point of irrationality and delusion

ga ngerti juga paranoid tuh sama apa ga sama paranoia, tapi jika saya selami dalam-dalam dari sebuah situs enskliklopedia (walau menurut orang ini bukan situs yang vallid buat nyari sebuah informasi, tapi aku tetap suka,hahahaaa) saya menganggap bahwa ini sama. dan aku harap kalian semua juga menganggap itu sama (hanya buat baca blog ini, please..)

apa kalian paranoid sama kematian??

aku menyadari kalo aku iya, aku paranoid akan kematian. dan berhubung aku pernah menulisakan tentang ini di blogku yang lalu, aku tidak akan menuliskan lebih banyak lagi. sebaiknya kalian baca dulu blogku yang lalu, baru liat ini,hehe.. tapi kalo g juga g pa2 sih, 😀

sebuah ketakutan, menurutku, bisa berdampak baik atau buruk, bagi orang itu sendiri. contohnya aku, aku takut akan kematian, walau kita semua pasti akan menghadapinya. sebenarnya menghadapi kematian orang lain lebih menakutkan daripada menghadapi kematian diri sendiri (entah apa itu karena aku belum menghadapi kematianku sendiri :D). kematian orang lain akan membuatku kehilangan. dan aku benci kehilangan. yah silahkan bilang “semua yang ada di dunia ini adalah milikNYA,dan akan kembali padaNYA”, ya ini benar. bukannya mau menyangkal, aku tau dengan pasti bahwa itu benar, aku tau, dan mohon sadarkan aku ketika aku bersikap seolah aku mengingkari kataku sendiri. tapi aku boleh tetap merasa takut,kan?? sedangkan ketakutan terhadap kematian diri sendiri lebih kepada apa yang akan aku hadapi di ‘sana’. aku takut masuk neraka. dan aku yakin semua orang yang percaya keberadaanNYA takut masuk neraka.  

setelah itu, aku berusaha untuk berubah. sebisaku, untuk lebih dekat padaNYA. aku berusaha untuk hidup lebih baik lagi, hidup di jalan yang lurus, walau kadang aku merasa masih terentang jarak yang jauh antara aku denganNYA. yah, begitulah. masih dalam tahap pembelajaran. dan aku sangat bersyukur saat ini berada di sekumpulan orang yang ‘lurus’, sehingga memacu diri ini untuk lebih baik lagi. dan aku merasakan manfaat-manfaat dan kenikmatan tersendiri setelah melakukannya.ini adalah hal baik yang aku rasakan.

sedangkan hal buruknya adalah, bahwa ini bisa merubah moodku dengan sangat cepat.  yah,pokonya aku jadi banyak memikirkan tentang kematian dan ini sudah sangat mengesalkanku. bad mood lagi aku benci nonton film yang mengingatkanku tentang kematian. aku benci mengingat bahwa kematian itu bisa saja merenggutku saat ini. dulu, setalah aku menyadari bahwa aku takut mati, aku gemetar naek motor. aku takut akan melakukan kesalahan yang merugikan banyak pihak. aku takut mudik pake motor, walo sekarang sudah tidak begitu :D.

yah, begitulah. saking berapi-apinya jadi tidak bisa menyusun kata dengan benar. tapi kalian paham maksudku kan??

**ditulis dengan kegelisahan mendalam, iis**

Advertisements
 

44 Responses to “paranoid : not that bad”

  1. ziezahworld Says:

    yeah…..aku pertama komen…..

    begitu juga diriku bu…!!!saya juga takut kehilangan…kesedihan dan trauma akan perpisahan…
    (dramatik bo!)

    yo makane kita siap-siap nyari bekal buat mati…(jadi teringat…)

    apa gara-gara nonton horor gek entes is???

  2. tiqa Says:

    hmm….kykny mank ni bnr2 efek dari nonton 4bia dech…
    tp klo aku sendiri perasaan takut kyk gt dari dulu dah sering muncul…
    takut akan kematian orang2 di dktku, takut akan kematian diri sndr, takut siksa atas dosa2 ku, takut neraka…pkknya serba takut klo mikirin yang namanya kematian.
    tapi bener kt zizah….
    itu harus bisa memacu kita biar bisa menjadi manusia yang lbh baik lg…..^_^

  3. viestinlove Says:

    @zie : lebih tepatnya 4bia cerita kedua. mengingatkanku pada film final destination. terus jadi ingat kejadian tidak menyenangkan…
    @tiqa : aq juga bener donk?? aku berusaha lebih baik juga,:D

  4. gin Says:

    sebaiknya nyi sanak ubah kata2 :
    walau menurut orang ini bukan situs yang vallid buat nyari sebuah informasi, tapi aku tetap suka

    menjadi :
    menurut SESEORANG, ini bukan situs yang vallid buat nyari sebuah informasi dan lebih cocok sebagai starting point saja…

    karna setau saia hanya ada satu orang yang menyarankan demikian,.
    hahahahahahha

    setelah joshua dan 4bia,.
    film apalagi yang akan kita saksikan di movie box ya???

  5. nonasheila Says:

    bad mood lagi aku benci nonton film yang mengingatkanku tentang kematian. aku benci mengingat bahwa kematian itu bisa saja merenggutku saat ini.

    wah sori is….gw tadi ngajak lu nonton 4bia 😆

    hmmmm…..

    klo maw jujur sih, gw lebih takut rasanya sakit menjelang mati daripada mati itu sendiri.

    seandainya gw tiba2 berhenti bernafas, apalagi yang perlu dikhawatirkan, toh gw udah “hilang”

    masalah kehidupan setelah mati itu, gw punya pandangan sendiri sih. gw gak sebegitu desperate-nya maw masuk surga, bukannya gw gak maw masuk surga, tapi tujuan hidup gw menyembah DIA bukan surga, bukan pula menghindari api neraka.

    dari dulu gw selalu bingung dengan definisi surga, katanya tempat penuh kebahagian tertinggi, balasan untuk kehidupan dunia. isinya bidadari dan tempat yang indah. kebahagian tertinggi itu apa? klo cuman bidadari dan tempat yang indah levelnya masih belum bisa disebut surga. lagian gw “biasa2” aja udah cukup kok, gak perlu yang bombastis.

    dan neraka, sebagaimana gw takut dengan rasa sakit, gw tentu sangat takut dengan neraka. tapi saat ini gw dalam state di mana mnurut gw, gw ini memang worth masuk neraka.

    satu yang gw harapkan setelah mati sih bisa bertemu dengan TUHAN, dan mengajukan beribu pertanyaan di otak gw yang sampai saat ini blum bisa ada yang jawab. dan salah satu yang gw takutkan adalah apakah jawaban2 TUHAN itu membuat gw puas ato malah membuat gw menyesal memilih jalan hidup gw slama hidup.

    oiya, kembali lagi sedikit ke masalah surga dan neraka. seperti lirik lagu fave gw

    “Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau bersujud kepadanya…”

    bagi gw, orang2 seperti amrozi cs, dan orang2 sok suci lainnya yang membunuh, menjelekan, menindas orang lain demi masuk surga itu rendah skali. perbuatan mreka itu lebih rendah daripada iblis. iblis menolak bersujud kepada manusia karena iblis CINTA kepada TUHAN-nya, dia gak takut diusir dari surga. kalo diumpamakan, seandainya suami kamu bawa cewe lain dan minta poligami, mnurut gw hal yang wajar kalo istri pertamanya menolak. toh at least, iblis udah jujur kok. jadi kalo iblis bisa bener2 nyembah TUHAN karena dia CINTA, kenapa manusia gak bisa? harusnya mreka2 yang sok suci itu malu sama iblis.

    dan gw, gw mungkin bakal masuk neraka karena saat ini gw blum bisa mencintai TUHAN sampai pada batas level CINTA MATI.

    jadi masalah mati itu….lebih baik kita berpikir lebih positif. nyawa, hidup ini, seluruh existensi manusia hanyalah milik ALLAH SWT semata, dia maw cabut nyawa kamu itu hak DIA. terus, kenapa musti takut kalo DIA “mengambil” apa yang merupakan milik DIA, nyawa kamu bukan milik kamu bukan juga milik orang lain, dan bukan pula milik orang2 yang secara egois mendambakan surga daripada TUHAN-nya.

    yang paling gw takutkan dari kematian itu sendiri adalah mungkin, apa smua dari yang gw anggap benar dari dunia ini slama gw hidup ternyata salah.

    rasa sakit itu bisa hilang, tapi penyesalan gak bakal bisa hilang selamanya.

    P.S : berhubung ini temanya menurut gw lumayan “berat” untuk lebih jelasnya gw tekankan bahwa, gw gak maw berdebat this is my faith, kepercayaan gw ama TUHAN gw, bagaimana gw merepresentasikan sujud gw kepada-NYA adalah hak dan urusan gw sepanjang itu tidak mengganggu hak2 orang lain, jadi kalo ada yang gak stuju soal representasi bagaimana gw menyembah, go fuck yourself, gw gak bakal ladeni tapi kalo ada yang bertanya2 sih gak papa, ato sekedar membandingkan, tapi gw gak suka kalo udah ada yang menyalahkan. thanx 🙂 peace V

  6. rezco Says:

    takut mati? hehe… kalo ini masa’ trmsuk paranoid sih? tapi, apapun alasannya, rasa takut ada di setiap orang. tinggal mengelola aja sih, biar ga jadi parno alias super duper freak

    met ngeblog, iis!

  7. Akuntansiku Says:

    Masak sih gak mudeng ma puisi-puisiku? Namanya juga sastrakuntansi. Jadi istilah2nya pake istilah akuntansi. hehehe. Sering2 mampir ke blogku ya
    Salam buat temen2 di jogja ya heru, agung, titi, nita, nanang, laras, dll. Miss u all
    O ya satu lagi kabar gembira. Insya Allah Pas natal& tahun baru aku libur. Insya Allah mampir ke jogja lagi. Mohon segera dipersiapkan penyambutannya.

  8. viestinlove Says:

    @gin : katany mau nonton laskar pelangi.. pada mau gak ya?
    @sheila : bukan karena 4bia kali she. sebenernya aku lebih sensi ma yang punya adegan kayak final destinationny. film hantu aku masih ok ok aja.
    kalo kali ini aku setuju ma kamu she. aku juga berharap mati dengan baik-baik dan tidak tersiksa sebelumnya.
    wah, kalo lagu itu aku juga suka tuh, penuh makna, dan benar-benar patut dipertanyakan, termasuk kepada diriku sendiri. benar juga kamu she, hal hal begini termasuk hal yang ‘sensitif’ dan tidak patut di perdebatkan.
    @rezco:met ngeblog juga mas!!
    @akun: ra mudeng blas!!! aku kan bukan ank akuntansi,hehehehe

  9. ziezahworld Says:

    kehilanganku yang pertama,sebagai cucu pertama,dari anak pertama,dianggap cucu tertua…rasanya bnyk responsibility yg dtanggung.
    Namun kegundahanku,aku tidak bisa menunjukkan dukaku,menunjukkan tangisku,dan aku cuma bisa terdiam saja.(malah curhat)
    Kematian itu dingin dan kaku.
    Lihatlah dari dua sisi,optimis dan pesimis.
    To sheila:tetep kayak nitip posting,blogmu sendiri kayakna g nambah2.

  10. Hanna Says:

    Hebat bgt kmu paranoid kmatian!justru bgus itu!malah jd membwtmu membtasi sikap2 jelek shari2.aq jg slalu takut kmatian dan pembalasan di hari akir.hebaaat…asal paranoidmu g lebay g mslh

  11. baobaz Says:

    “aku benci nonton film yang mengingatkanku tentang kematian.”

    wah ternyata banyak orang yang seperti itu ya… Kalo saya sih kalo teringat mengenani kematian ya aga gimana gitu. Malah saya berpikir, wah bagaimana nanti jika amal ibadah saya belum cukup untuk bekal nanti. Jadi setiap kali teringat mengenai kematian justru saya jadi sadar, bahwa hidup ini sederhana. Hidup hanya untuk beribadah. Ga lebih dari itu.

  12. nonasheila Says:

    @zie :udah nambah heheheh…

    @bao : ceileeee….hidup ini sederhana 😆

  13. viestinlove Says:

    @ zie : sy turut brduka cita zie
    @ han : sama sekali g hebat menurutku 😀 g tw niy,jd kepikiran lagu favoritny nona “jika surga dan neraka tak pernah ada”,haha,,emang dalem bgt..
    tp dasarny paranoid disini lebih kpd kehilangan org2 yg saya sayangi.
    @ bao : emang byk y?? kupikir daku saja yg kelaenan ::lol::

  14. nonasheila Says:

    komen ke 100 nih 😆

  15. nareswari Says:

    waaahhhh, is, gitu aja paranoia, saya aja yg pernah berhadapan sama kematian berbentuk pohon seberat satu ton diatas kepala biasa aja tuh… Halagh, ngapain mikirin kematian mbarang, kalau ntar datang ya hadapin aja, gak usah takut. Mikirnya tuh, gimana ya caranya supaya ip-q bisa diatas 3, biar gampang nyari kerjaan, dan gak ribet kalo ditanyain sama pemegang saham 😀

  16. viestinlove Says:

    @non : cie… Selamat she,,km komen ke 100
    @qila : njih mbak… Kulo ngge sampun berusaha. Sadis bgt ngomongnya.hiks

  17. ziezahworld Says:

    Wa,dimana2 shela komen ke 100,ditunggu komenmu d tmptku yg ke 99(yg cantik angkanya).
    Tur nuwun

  18. endu Says:

    wuih…
    ternyata dlm kesendirianmu dkmr bnyk hal yg terlintas dlm pkiranmu ya is..?
    kematian?
    siap ga siap harus siap…
    tapi maksih, dg blog mu bikin aku sadar sesuatu, bahwa hidup ini ga abadi. kita harus ikhlas mengembalikannya pada yg memberikannya.
    ayo semangat, buat blog mu lbh bermanfaat!!!

  19. Akuntansiku Says:

    Aku wis komen ko. deleng nang nduwur
    giliran kowe sing komen ya

  20. hm….
    setelah bahas cinta, sekarang bahas kematian…

    bagus…. bagus….

    @ iis
    parah gak ngajak2 nontonnya. Kayaknya komenku jadi kayak numpang posting deh…

    @shela
    shela berkata:
    klo maw jujur sih, gw lebih takut rasanya sakit menjelang mati daripada mati itu sendiri.
    ———————————————————-
    Tapi, itu kan baru pintu gerbang she… menuju proses selanjutnya. Kalo di gerbangnya uda bagus ya… enak ke dalamnya. tapi kalo enggak…. Na udzu billahi mindzalik deh!
    ———————————————————-

    shela berkata:
    dari dulu gw selalu bingung dengan definisi surga, katanya tempat penuh kebahagian tertinggi, balasan untuk kehidupan dunia. isinya bidadari dan tempat yang indah. kebahagian tertinggi itu apa? klo cuman bidadari dan tempat yang indah levelnya masih belum bisa disebut
    surga. lagian gw “biasa2″ aja udah cukup kok, gak perlu yang bombastis.
    ——————————————————-
    Tuhan cuma ngasi pilihan surga atau neraka she. KAlo ada pilihan lain mungkin banyak juga yang milih. Tapi that the only choice! Take it or leave it!
    ——————————————————–

    shela berkata:
    dan neraka, sebagaimana gw takut dengan rasa sakit, gw tentu sangat takut dengan neraka. tapi saat ini gw dalam state di mana mnurut gw, gw ini memang worth masuk neraka.

    satu yang gw harapkan setelah mati sih bisa bertemu dengan TUHAN, dan mengajukan beribu pertanyaan di otak gw yang sampai saat ini blum bisa ada yang jawab. dan salah satu yang gw takutkan adalah apakah jawaban2 TUHAN itu membuat gw puas ato malah membuat gw menyesal memilih jalan hidup gw slama hidup.
    ———————————————–

    Jangan gitu she. merasa diri pantas masuk neraka bkin kita males beramal. Ngapain gw beramal kalo uda jelas masuk neraka ya gak?
    oh iya, soal melihat TUHAN. Semua penghuni surga bakal melihat TUHANNYA. Dan itu kenikmatan mereka yang paling besar.
    Di hadis di bilang kalo penghuni surga bisa lihat TUhan kayak manusia memandang bulan purnama yang tidak terhalang mendung!!.
    Jangan diartiin tuhan kayak bulan purnama, tapi maksudnya TUHAN itu jelas terlihat manusia di belahan dunia manapun. Dari manapun bisa.
    ——————————————————

    ——————————————————-
    shela berkata:
    lebih baik kita berpikir lebih positif. nyawa, hidup ini, seluruh existensi manusia hanyalah milik ALLAH SWT semata, dia maw cabut nyawa kamu itu hak DIA. terus, kenapa musti takut kalo DIA “mengambil” apa yang merupakan milik DIA, nyawa kamu bukan milik kamu bukan juga milik orang lain, dan bukan pula milik orang2 yang secara egois mendambakan surga daripada TUHAN-nya.

    ———————————————————
    Setuju!! nyawa memang milik TUHAN. Manusia hanya tinggal memanfaatkan sebaik-baiknya. 😀
    Waktu aku mudik, dalam 2 minggu habis idul fitri, ada 7 orang meninggal di kampungku. Suatu kebetulan yag laur biasa. aku sedang diingatkan kematian kayaknya. Da yang sehari sebelumnya aku liat masi bae2 aja.

    Kalo soal lagu A**** D**** itu:
    mungkin berat she buat kamu nerima, tapi ya aku nyoba nyampaikan aja. Itu lagu sejarah awalnya dari puisinya rabiah al-adawiyah. seorang sufi. Tau kan sufi, kadang sok berlebih-lebihan gitu.

    Cuma banyak ulama yang enggak setuju dengan isi puisi itu. Karena NAbi SAW aja selalu memotivasi sahabat-sahabatnya dengan surga dan mengingatkan mereka dari neraka.
    Bukan mau berdebat lho she, cuma memberi tahu ada orang-orang yang tidak sependapat. Dan kalo kita gak diingatkan tentang surga neraka, wah gak tau deh gimana jadinya. wong uda diingatin aja masih banyak yg kacau.
    ——————————————————

    ———————————————————————
    shela berkata:
    yang paling gw takutkan dari kematian itu sendiri adalah mungkin, apa smua dari yang gw anggap benar dari dunia ini slama gw hidup ternyata salah.
    ————————————————————————-
    TUHAN Maha ADil Lagi maha MEngetahui. Dia akan memutuskan semua perkara manusia satu persatu. makanya di padang mahsyar (tempat seluruh manusia dari Nabi adam sampai umat muhammad dikumpulin.

    Nunggunya sampe 500 tahun gitu. 500 tahunnya juga belum jelas 500 tahun bumi atau patokan yang lain.
    Tapi TUhan bae. Dia ngasi lindungan ke 7 golongan pada hari itu. padahal saat itu gak ada lindungan selain LindunganNya:
    1. pemimpin yang adil
    2. lelaki yang hatinya tergantung pada mesjid
    3. orang yang bersedekah hingga tangan kirinya enggak tau
    4. anak muda yang senantiasa beribadah kepada Allah Azza wa Jalla
    5. dua orang yang saling mencintai karena Allah, yakni keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah,
    6. seorang laki-laki yang ketika dirayu oleh seorang wanita bangsawan lagi rupawan lalu ia menjawab: “Sungguh aku takut kepada Allah”
    7. seseorang yang berzikir kepada Allah di tempat yang sunyi kemudian ia mencucurkan air mata

    link:http://kaffah4829.wordpress.com/2006/08/07/7-golongan-yang-dilindungi-alloh/

    mau make lindungan yang mana yach!..
    —————————————————————

    ———————————————————
    iblis menolak bersujud kepada manusia karena iblis CINTA kepada TUHAN-nya, dia gak takut diusir dari surga.
    ——————————————————–
    Iblis bukan karena cinta sama tuhannya. Tapi dia SOMBONG, karena merasa di ciptakan tuhan lebih baik dari MANUSIA. KAn manusia dari tanah dia dari api.
    Lagian sujud itu bukannya dalam bentuk sujud kayak kita sholat. Sujudnya berupa penghormatan kepada Adam, Kayak kita mengakui orang yang memang lebih hebat dari kita (kan ADam saat itu tau segala-galanya karena diajarin TUHANnya)

    ———————————————————–
    ini bukan berdebat lho she. kan ada juga hal yang kamu tahu aku gak tahu, atau hal yang aku tau kamu gak tau. Karena aku tau (atau sok tau 😀 ) ya aku coba jawab.

    wah, ternyata aku nulis komen ini setengah jam hehehe

    @tiqa
    Rasa takut akan kematian harus terus dipupuk. Bahkan ada ulama yang berdoa, di saat pagi: ” Ya allah, terima kasih masih mempercayai aku memegang jasad ini hari kemarin”

    @all
    semangat yach!!!
    ingat pesan ALLAH:
    “Jika kamu benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad SAW) niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu (ali imran (3):31)

  21. viestinlove Says:

    @zie : itu aq dah promosi,, ayo siapa yg mw jd komen ke 100’ku??? 😀
    @akun : oh,iy wes. gampang rif
    @endu : wah,,syukurlah jika memiliki manfaat… semangat ngeblog ya!!
    @ilham : ya anggap saja blogku sbg tmpt berdiskusi tentang hal yg telah aq tetapkan :D. sekarang ttg kematian,,ayo… diskusi,… siapa mw pasang bwt kemenangan ilham? ::lol::
    tp berkat itu pikiranku berkembang loch…

  22. wennyaulia Says:

    sebenernya, asal ndak berlebihan aja kali ya…. 🙂

  23. ziezahworld Says:

    Blog paling rame dan mutu,menurutku.ke ke ke.
    Oh gt.bsk punyaku yg ke 99 aku ksh reward d.

  24. Fikri Says:

    huhuhu… aku jg lagi paranoid klo gitu.
    siang ini uts, lum belajar. uda gitu masuk kerja. pagi ini mesti mimpin meeeting.
    hitung2an lagi pffhh…
    rasanya adrenalin mau muncrat krena pas buka foto copyan catetan ga ngerti ama 1 angka datangnya dari mana?!!

  25. viestinlove Says:

    @wenny: ga sampe berlebihan kok,heheheee
    @zie : thank u zie,, klo liat di blog stat,,berhubung km pengomen terakhir sampai saat aq liat blog statku 666 dan comment ke 111 (kurang cantik apa coba angkany? yah walo 666 identik dg angka setan,hehehe)
    berbanggalah zah.
    @fikri : heh,,, mang itu paranoid y?? wah,, yg sabar aja yo,,,tetap semangat!!!!

  26. nonasheila Says:

    @ilham : man… i do love you ilhaaaam….!!!! gw suka diajak share pikiran seperti ini. dikau tidak menjudge seseorang dan pikirannya (seperti yang biasa dilakukan kaum2 sok suci di ranah dunia maya ini)

    hmmm, masalah surga itu gini ya…kadang gw ngerasa orang2 yang beriman dengan tujuan mengharap surga itu kek seorang cewe yang maw nikah dengan tujuan duit suami-nya, kurang lebih begitulah. dan gw bandingin ama malaikat sama iblis (previously, sebelum jatoh ke neraka) yang sujud ke ALLAH SWT karena emang mreka membutuhkan dan tunduk pada existensi ALLAH SWT itu sendiri.

    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga), kalo gw umpamain iblis itu seperti seorang istri pertama yang sangat super cantik hampir tanpa cela, dan tiba2 ALLAH SWT membawa istri kedua (manusia) yang dengan gamblang dinyatakan lebih cantik dan dicintai (btw sekali lagi gw bilang ini umpamanya….umpama….) mnurut gw wajar aja iblis itu marah, seandainya posisi itu ditukar antara manusia dan iblis, mungkin hasil kejadiannya sebelas dua belas aja.

    btw, ham kalo boleh taw, kelebihan manusia dibanding iblis itu apa yak? iblis itu cuman satu existensi kan, mnurut gw si yang bisa nyaingin dia cuman MUHAMMAD SAW doank. kenapa gw bilang kek gitu? setahu gw, iblis itu dulu malaikat, berarti dia sujud bener2 sujud kepada ALLAH SWT. cinta matinya itu ALLAH SWT sujud kepadanya bukan karena embel2 surga, buktinya dia rela dibuang ke neraka. i mean, kalo manusia dalam posisi si iblis diancem dibuang ke neraka gw yakin pasti langsung nundukin kepala 😆

    masalah lagu dhani itu, gw baru taw dia ngambil dari ajaran sufi. jujur, gw juga suka baca buku sufi gw bahkan punya buku syekh siti jenar yang sesat itu lengkap 😆 hmmm….gw cuman ingin menyelami pemikiran tentang TUHAN itu dari sisi lain kok. ibaratnya kalo kamu maw kenal ama pacarmu jangan straight dari depan aja kan, tapi dilihat dari sisi lain 😆 sotoy gw hahahahahaahah….

    silaken tanggapannya ham…. (jujur ham, lu sekarang masuk jajaran orang yang gw hormatin, sedikit banged lo orang yang pemikiran dan keberadaannya gw hormatin 😆 kamu beruntung ham 😆 )

  27. nonasheila Says:

    oiya, masalah yang gw takutkan setelah mati itu kok tanggapanmu gak nyambung ham? ato apa gw aja yang lemot 😆 maksutnya gw ini tipe yang nganggep apa yang gw anggep benar itu benar dan apa yang gw anggap salah itu salah. tapi itu kan hanya anggapan gw, pemikiran gw. seandainya kalo hal itu ternyata salah smua, itu merupakan penyesalan terbesar bagi gw. (dan apa yang gw katakan di atas itu bukan berarti gw ini sotoy, gw laiknya manusia pernah berbuat salah, dan gw sadar itu salah, dengan idealisme gw yang gw sebutin di atas bukan berarti gw ini gak pernah berbuat salah karena taw salah itu yang mana benar itu yang mana)

    masalah 7 golongan itu, hahah..ya jelas lah orang2 seperti itu masuk surga 😆 untuk poin yang nomor 6 itu jarang la ya…maksut gw gini, kebanyakan sih orang2 itu kalo gak maw berbuat dosa karena takut neraka bukan TUHAN, jadi sepertinya existensi neraka itu sendiri lebih besar.

    oiya lagu A.D itu sebenarnya maknanya bagus, itu seperti membesarkan existensi TUHAN itu sendiri. memang apa yang salah gitu? itu faktanya, banyak manusia tunduk cuman karena takut neraka dan maw masuk surga. seandainya ya….seandainya nih….surga dan neraka itu gak ada, apa manusia2 ini maw mencintai TUHAN-nya?

    yah, i’m only a mere human, gw gak bisa menyelami samudera pemikiran dan kepintaran ALLAH SWT yang tak berhingga itu. hanya saja, gw sebagai manusia, tentu sakit hati kalo ada seseorang mencintai gw hanya karena mengharap balasan bukan karena existensi gw ini.

    tapi kalau begitu memang manusia itu kelompok ciptaan ALLAH SWT manusia yang sangat beruntung. gw berpikir, sebegitu besar kasih sayang ALLAH SWT kepada manusia ini, kalo TUHAN maw, dia mungkin gak perlu rasa tunduk dan iman para manusia yang lebih menghargai surga dan lebih takut daripada neraka. tapi orang yang berbuat baik demi surgapun, juga mendapat kasih sayang ALLAH SWT.

  28. viestinlove Says:

    mana si ilham?
    @she : kayakny aq tw she knp comment2mu hrs di approve dulu. mungkin krn byk x ye…
    but i really dont mind. silahkan berdiskusi dg begitu aq jg tw lebih thx
    @all : thx bwt semuany!!

  29. nonasheila Says:

    @viest : masa karena kebanyakan? 😆 waktu gw pernah ngomel2 panjang lebar gitu di blog orang langsung kena approve tuh 😆

  30. nonasheila Says:

    tuh kan yang secuil kek gini aja kena approve kok…

  31. gin Says:

    saia juga harus meng-approve manual commentnya sheila..
    menurutku itu karena tampang alias muka
    bukan karena panjang maupun pendek..

    ato…

    commentnya sheila mengandung semacam roh halus yang dapet membalas otomatis comment yang kita bales ya??
    [kaya di film forbia yang ceerita1 gitu,,,]

  32. nonasheila Says:

    @gin : apa hubungannya muka dan tampang dengan moderasi sebuah komen seseorang? wake up sir, anda adalah seorang mahasiswa ilmu komputer, hal-hal yang absurd seperti barusan anda katakan tidak pantas dikatakan oleh orang2 yang notabene menyelami seluk beluk dunia digital. jikalau anda tidak tahu sebab dan alasan kenapa komen saya musti dimoderasi janganlah memberikan jawaban yang bukan dalam konteksnya. atau anda kebanyakan nonton pilem PULSE yang ceritanya tentang hantu yang bergerak dalam sebuah jaringan? once again, wake up, atau anda lebih cocok jadi penulis skenario pilem horor Indonesia yang lagi booming saat ini.

    😆

  33. @shela
    Aku suka gaya ceplas-ceplosnya shela. bikin kita buka pikiran. Karena memang yang berpikir itu memang manusia.

    sHela berkata:
    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga)
    ———————————————
    Malaikat != iblis (pake bahasa pemprog apa tuh?), artinya malaikat dan iblis dua makhluk yang berbeda. Dari asalnya kan malaikat dari cahaya, iblis dari api. Mungkin shela nyamain api itu bercahaya, tapi itu kan terjemahan. Dan bahasa indonesia ini bahasa paling plagiat sedunia. paling gak jelas tata bahasanya (kalo mau tau bedanya benar2 tanya ala tuh yg arab: beda NUR and Naar). Tapi harusnya emang beda!

    Iblis kan memang tinggalnya dulu disurga. Kalo malaikat gak tau juga tinggalnya dimana. 😀 .Tapi sih logikanya bakal nyebar, karena malaikat itu kerjanya macem. Ada yang memanggul Arsy-nya Allah, ada yang nyampein wahyu.
    Nah terus di surat albaqarah:30 Allah bilang kalo dia mau menciptakan khalifah di muka bumi. Malaikat protes: Kenapa Allah menciptakan manusia yang hanya berbuat kerusakan dan menumpahkan darah saja di muka bumi? Allah bilang: AKu tahu yang Kamu enggak tahu. Haha kayak bahasa gaulnya:Tau mana gw ato lw?
    Trus di ayat 31 Allah nantang malaikat kalo kamu benar,coba lawan nih adam yg uda diajarin nama2 benda seluruhnya. Malaikat ngaku kalah, trus Allah minta iblis dan malaikat menghormati Adam. Tapi iblis gak mau, gengsi katanya (ups… maaf ya setan kalo baca, btw btul gak tan?)
    ———————————————————–
    ———————————————————-
    Shela berkata:
    hmmm, masalah surga itu gini ya…kadang gw ngerasa orang2 yang beriman dengan tujuan mengharap surga itu kek seorang cewe yang maw nikah dengan tujuan duit suami-nya
    ————————————————————–

    tentang surga dan neraka, kita gak apa-apa beramal mengharap masuk surga dan takut dimasukkan neraka. Sebaiknya shela juga terima prinsip ini. Soalnya nabi kita doanya:
    “Rabbana atiina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa Qina azabb annaar”

    Pasti hapal kan? Artinya kan kita minta kehidupan yang baik di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari azab neraka”

    Kalo doa lain lagi” Ya allah ,masukkan aku ke alam surgamu dan jauhkan aku dari neraka.”

    Artinya, ini harapan yang dibolehkan. Sah2 aja kalo misalnya anak kecil minta hadiah ke Bapakny misalnya dia rangking kelas. Apalagi kalo Bapaknya mampu.
    Kalo soal istri nikah sama suami karena hartanya menurutku selama si istri gak melanggar hak dan kewajibannya gak masalah.
    Logikanya siapa yang mau hidup susah? apalagi yang namanya PEREMPUAN. kalo bisa dia jadi ratu. :((
    ———————————————————————-
    —————————————————
    shela berkata:
    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga), kalo gw umpamain iblis itu seperti seorang istri pertama yang sangat super cantik hampir tanpa cela, dan tiba2 ALLAH SWT membawa istri kedua (manusia) yang dengan gamblang dinyatakan lebih cantik dan dicintai (btw sekali lagi gw bilang ini umpamanya….umpama….) mnurut gw wajar aja iblis itu marah, seandainya posisi itu ditukar antara manusia dan iblis, mungkin hasil kejadiannya sebelas dua belas aja.
    —————————————————

    kalo soal iblis!=malaikat uda dibahas ya. iblis= istri pertama, hmm… ngerti sih maksudnya. Iblis seperti dinomorsatukan gitu kan? Tapi kan Allah Maha Adil, dia ngebeda2in makhluknya berdasarkan ketaqwaan (ini buat manusia sih, tapi kayaknya berlaku juga buat setan hehe).
    Waktu iblis disuruh hormat, iblis memang tinggal di surga. Adam, belum diceritain mau ditaro dimana. Sekali lagi, alasannya kesombongan, kesombongan dan kesombongan. Artinya Kalo setan matuhi perintah ALlah menghormati adam, mereka mungkin tetanggaan 😀 . Tapi kita gak ada donk, koment ini juga gak ada 😀 .

    Inilah bedanya orang bertaqwa sama yang enggak. orang bertaqwa kalo dibilang Gak boleh kayak gini! langsung dipatuhi mereka bilang: sami’na wa ato’na (kami dengar dan kami taat). (kayaknya setan gak gitu deh ke ALlah)
    Ada cerita tentang ayat minuman keras. Ceritanya gini:
    Awal islam berkembang, manusia gak dilarang mabuk. Allah belum menurunkan ayat gak boleh mabok.
    UDa berapa lama ajaran islam turun, baru turun ayat Gak boleh sholat dalam keadaan mabuk ya????
    orang-orang masih ngerasa, ah gampang. Cuma pas sholat doank.
    Baru, setelah sholatnya kuat. Allah bilang: Minuman keras haram! Saat itu, orang-orang langsung buang minuman keras yang mereka punya. Semuanya! itu wujud Sami’na wa ato’na
    Kalo uda gini kejadiannya berarti setan enggak bertaqwa ya gak? gak pantas donk nerima surga ALLAH hehe.
    ——————————————————-

    ——————————————————-
    Shela berkata:
    btw, ham kalo boleh taw, kelebihan manusia dibanding iblis itu apa yak? iblis itu cuman satu existensi kan, mnurut gw si yang bisa nyaingin dia cuman MUHAMMAD SAW doank. kenapa gw bilang kek gitu? setahu gw, iblis itu dulu malaikat, berarti dia sujud bener2 sujud kepada ALLAH SWT. cinta matinya itu ALLAH SWT sujud kepadanya bukan karena embel2 surga, buktinya dia rela dibuang ke neraka. i mean, kalo manusia dalam posisi si iblis diancem dibuang ke neraka gw yakin pasti langsung nundukin kepala
    ———————————————————-

    Kelebihan manusia? manusia kan paling sempurna. Disempurnakan pake akal. Kata Allah manusia diciptakan dalam bentuk sebaik2nya (at-tiin 4). Pernah dengar juga, cuma belum tau betul ato enggak (uda dewasa, jadi perlu ngecek lagi kebenarannya :D) ) katanya ADam diciptakan langung dengan Tangan Allah, sementara jin, dan malaikat cuma dibilang JAdilah!, trus manusia diberi Allah ruh.
    Nah, kalo manusia aja uda istimewa, apalagi MUhammad SAW. bukannya bermaksud berlebih2an kepada Hamba Allah dan rasulNya ini. Tapi dia memang manusia istimewa. Baik dimata manusia maupun mata Allah. Muhammad SAW itu rasul, Enggak ngerasa sombong dengan status kenabiaannya. Muhammad SAW itu hamba, tapi ibadahnya gak ada yang nyaingin, terus bagaimana akhlak baiknya kepada sesama manusia bikin manusia menjuluki Al-amin. Ahh… Aku gak bisa mneyembunyikan kekagumanku tentang manusia satu ini(Muhammad SAW).
    MUdah2n bisa nyicip telaga al-kautsar beliau SAW. bisa ngobrol sama beliau SAW. Kan keren, kalo beliau SAW nanya: siapa namamu? aku jawab: aku muhammad. MUhammad Ilham ya rasul hehehe.
    Kalo adam (kita belum bicara manusia disana) dalam posisi iblis, harusnya dia menghormati. karena dia bertakwa.

    Sebenarnya Rasul SAW melarang kita berandai-andai tentang Allah. Misalnya, ini ada pertanyaan berbahaya nih. Jangan sampe kejebak sama pertanyaan ini:
    “Bisa enggak Allah menciptakan Batu yang dia sendiri tidak bisa mengangkatnya?”
    Kalo dipikir2, kita bilang gak bisa berarti Allah gak hebat donk? atau kalo bisa, berarti allah lemah donk?
    Kalo ada yang nanya gitu jawab aja:
    “allah tidak ditanya tentang apa yang dia kerjakan, tapi kitalah yang akan ditanya tentang apa yang kita kerjakan.”
    Atau ada jawaban lain?
    ———————————————

    ———————————————–
    Shela:
    masalah lagu dhani itu, gw baru taw dia ngambil dari ajaran sufi. jujur, gw juga suka baca buku sufi gw bahkan punya buku syekh siti jenar yang sesat itu lengkap hmmm….gw cuman ingin menyelami pemikiran tentang TUHAN itu dari sisi lain kok. ibaratnya kalo kamu maw kenal ama pacarmu jangan straight dari depan aja kan, tapi dilihat dari sisi lain sotoy gw hahahahahaahah….
    ——————————————————
    Kalo syekh siti jenar aku malah belum tahu ajaran lengkapnya. kalo gak salah dia menyeru wihdatul wujud ya? Artinya Allah berkesatuan dalam diri manusia. jadi tiap makhluk itu ada Allahnya. Yang aku tau itu sih yang bikin dia diklaim sesat.

    paham ini parah, kalo misalnya dalam darah kamu suku dayak misalkan. Maka bisa aja aku panggil kamu dayak, karena kamu memang dayak (ribet ya??). Atau kamu pake baju merah trus kau panggil hai merah ( kayaknya contoh ini lbh simple), berarti kalo Allah ada di diri kita, aku bisa panggil kamu Ya Allah. DLL….
    Allah uda bilang posisinya dia adalah diatas langit ketujuh. Makanya kita kalo doa tangannya terngadah ke atas. bukan ke bawah atau ke samping. trus ayat quran yang ceritain firaun ingin melihat tuhannya musa (allah) terus dia minta rakyatnya bangun tangga yang tinggi hingga sampe ke pintu langit (apakah ini piramid?) 😀
    Kalo mau kenal tuhan ya dari Nabi. Nabi waktu Isra mi’raj kan hampir ketemu ALlah (Tapi Allah tidak mengizinkan, dia memberi hijab(pembatas) dari cahaya yang menyilaukan bgt.) Gak ada cara laen she buat mengenal Tuhan. 🙂

    kalo A. D itu pengagum sufi kayaknya. Anaknya ada yang dinamain Abdul Qadir Jaelani, yang kata orang sufi adalah ulama mereka. Walupun aku gak tau juga sih pemikiran dia yang asli. Kan kita gak bisa begitu aja menjudge orang!
    Kalo sufi itu, sejarah lahirnya sama kayak filsafat. Jadi mereka mikir tentang tuhan berdasar pikiran mereka. terus dirumuskan menjadi ajaran. lalu tersebar dan yang banyak diamalkan orang-orang.

    Lagu satu kayaknay terinspirasi dari ajarannya syekh siti jenar itu:

    Aku ini adalah dirimu
    Cinta ini adalah cintamu
    Aku ini adalah dirimu
    Jiwa ini adalah jiwamu

    atau

    Dengan tanganmu aku menentu
    Dengan kakimu aku berjalan
    Dengan matamu aku memandang
    Dengan telingamu aku mendengar
    Dengan lidahmu aku bicara
    Dengan hatimu aku merasa

    Kalo mu-nya diartiin Tuhan ngertikan maksudnya??
    cuma ini penilaian(terhadap) lagunyanya relatif sih. Yang jelas wihdatul wujud (menyamakan Tuhan dengan Makhluk adalah tidak diterima dalam islam)
    ———————————————-
    —————————————————————
    Shela berkata:
    silaken tanggapannya ham…. (jujur ham, lu sekarang masuk jajaran orang yang gw hormatin, sedikit banged lo orang yang pemikiran dan keberadaannya gw hormatin kamu beruntung ham )
    ———————————————————–
    Segala pujian hanya untuk Allah.
    aku cuma pengen jadi manusia yang baik dan menebarkan kebaikan.
    Aku sadar aku umat akhir zaman. dimana kebenaran dan keburukan udah susah dibedain. Aku ingin mencintai Allah, Islam, lalu rasulNya saja 😀 .Dan menjadi pemegang kebenaran. Walaupun aku cuma sendirian.

    Terima kasih atas penghormatanmu She. ehm…ehm, jadi enak nih hehehe.
    Aku sadar aku gak bisa mencocokan sikapku dengan seluruh hati manusia. PAsti ada yang beranggapan yang aku perbuat salah, atau sebaliknya. TApi yakin aja, aku kerjakan yang aku kira baik. Dengan tanpa merufgikan orang lain. 🙂

    Aku ingin suatu saat seperti bapakku yang bilang ke temannya (aku melihat dengan mata kepalaku sendiri. Bapakku membentuk tanda seru dengan telunjuknya (bentuk penegasan gitu) dia bilang: “Yang namanya fulan(bapakku menyebut namanya) enggak pernah nipu orang!” dan temannya itu tidak memperlihatkan keadaan penolakan.

    Jadi bisa seimbang dunia dan akhiratku.

  34. @shela
    Aku suka gaya ceplas-ceplosnya shela. bikin kita buka pikiran. Karena memang yang berpikir itu memang manusia.

    sHela berkata:
    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga)
    ———————————————
    Malaikat != iblis (pake bahasa pemprog apa tuh?), artinya malaikat dan iblis dua makhluk yang berbeda. Dari asalnya kan malaikat dari cahaya, iblis dari api. Mungkin shela nyamain api itu bercahaya, tapi itu kan terjemahan. Dan bahasa indonesia ini bahasa paling plagiat sedunia. paling gak jelas tata bahasanya (kalo mau tau bedanya benar2 tanya ala tuh yg arab: beda NUR and Naar). Tapi harusnya emang beda!

    Iblis kan memang tinggalnya dulu disurga. Kalo malaikat gak tau juga tinggalnya dimana. 😀 .Tapi sih logikanya bakal nyebar, karena malaikat itu kerjanya macem. Ada yang memanggul Arsy-nya Allah, ada yang nyampein wahyu.
    Nah terus di surat albaqarah:30 Allah bilang kalo dia mau menciptakan khalifah di muka bumi. Malaikat protes: Kenapa Allah menciptakan manusia yang hanya berbuat kerusakan dan menumpahkan darah saja di muka bumi? Allah bilang: AKu tahu yang Kamu enggak tahu. Haha kayak bahasa gaulnya:Tau mana gw ato lw?
    Trus di ayat 31 Allah nantang malaikat kalo kamu benar,coba lawan nih adam yg uda diajarin nama2 benda seluruhnya. Malaikat ngaku kalah, trus Allah minta iblis dan malaikat menghormati Adam. Tapi iblis gak mau, gengsi katanya (ups… maaf ya setan kalo baca, btw btul gak tan?)
    ———————————————————–
    ———————————————————-
    Shela berkata:
    hmmm, masalah surga itu gini ya…kadang gw ngerasa orang2 yang beriman dengan tujuan mengharap surga itu kek seorang cewe yang maw nikah dengan tujuan duit suami-nya
    ————————————————————–

    tentang surga dan neraka, kita gak apa-apa beramal mengharap masuk surga dan takut dimasukkan neraka. Sebaiknya shela juga terima prinsip ini. Soalnya nabi kita doanya:
    “Rabbana atiina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa Qina azabb annaar”

    Pasti hapal kan? Artinya kan kita minta kehidupan yang baik di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari azab neraka”

    Kalo doa lain lagi” Ya allah ,masukkan aku ke alam surgamu dan jauhkan aku dari neraka.”

    Artinya, ini harapan yang dibolehkan. Sah2 aja kalo misalnya anak kecil minta hadiah ke Bapakny misalnya dia rangking kelas. Apalagi kalo Bapaknya mampu.
    Kalo soal istri nikah sama suami karena hartanya menurutku selama si istri gak melanggar hak dan kewajibannya gak masalah.
    Logikanya siapa yang mau hidup susah? apalagi yang namanya PEREMPUAN. kalo bisa dia jadi ratu. :((
    ———————————————————————-
    —————————————————
    shela berkata:
    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga), kalo gw umpamain iblis itu seperti seorang istri pertama yang sangat super cantik hampir tanpa cela, dan tiba2 ALLAH SWT membawa istri kedua (manusia) yang dengan gamblang dinyatakan lebih cantik dan dicintai (btw sekali lagi gw bilang ini umpamanya….umpama….) mnurut gw wajar aja iblis itu marah, seandainya posisi itu ditukar antara manusia dan iblis, mungkin hasil kejadiannya sebelas dua belas aja.
    —————————————————

    kalo soal iblis!=malaikat uda dibahas ya. iblis= istri pertama, hmm… ngerti sih maksudnya. Iblis seperti dinomorsatukan gitu kan? Tapi kan Allah Maha Adil, dia ngebeda2in makhluknya berdasarkan ketaqwaan (ini buat manusia sih, tapi kayaknya berlaku juga buat setan hehe).
    Waktu iblis disuruh hormat, iblis memang tinggal di surga. Adam, belum diceritain mau ditaro dimana. Sekali lagi, alasannya kesombongan, kesombongan dan kesombongan. Artinya Kalo setan matuhi perintah ALlah menghormati adam, mereka mungkin tetanggaan 😀 . Tapi kita gak ada donk, koment ini juga gak ada 😀 .

    Inilah bedanya orang bertaqwa sama yang enggak. orang bertaqwa kalo dibilang Gak boleh kayak gini! langsung dipatuhi mereka bilang: sami’na wa ato’na (kami dengar dan kami taat). (kayaknya setan gak gitu deh ke ALlah)
    Ada cerita tentang ayat minuman keras. Ceritanya gini:
    Awal islam berkembang, manusia gak dilarang mabuk. Allah belum menurunkan ayat gak boleh mabok.
    UDa berapa lama ajaran islam turun, baru turun ayat Gak boleh sholat dalam keadaan mabuk ya????
    orang-orang masih ngerasa, ah gampang. Cuma pas sholat doank.
    Baru, setelah sholatnya kuat. Allah bilang: Minuman keras haram! Saat itu, orang-orang langsung buang minuman keras yang mereka punya. Semuanya! itu wujud Sami’na wa ato’na
    Kalo uda gini kejadiannya berarti setan enggak bertaqwa ya gak? gak pantas donk nerima surga ALLAH hehe.
    ——————————————————-

    ——————————————————-
    Shela berkata:
    btw, ham kalo boleh taw, kelebihan manusia dibanding iblis itu apa yak? iblis itu cuman satu existensi kan, mnurut gw si yang bisa nyaingin dia cuman MUHAMMAD SAW doank. kenapa gw bilang kek gitu? setahu gw, iblis itu dulu malaikat, berarti dia sujud bener2 sujud kepada ALLAH SWT. cinta matinya itu ALLAH SWT sujud kepadanya bukan karena embel2 surga, buktinya dia rela dibuang ke neraka. i mean, kalo manusia dalam posisi si iblis diancem dibuang ke neraka gw yakin pasti langsung nundukin kepala
    ———————————————————-

    Kelebihan manusia? manusia kan paling sempurna. Disempurnakan pake akal. Kata Allah manusia diciptakan dalam bentuk sebaik2nya (at-tiin 4). Pernah dengar juga, cuma belum tau betul ato enggak (uda dewasa, jadi perlu ngecek lagi kebenarannya :D) ) katanya ADam diciptakan langung dengan Tangan Allah, sementara jin, dan malaikat cuma dibilang JAdilah!, trus manusia diberi Allah ruh.
    Nah, kalo manusia aja uda istimewa, apalagi MUhammad SAW. bukannya bermaksud berlebih2an kepada Hamba Allah dan rasulNya ini. Tapi dia memang manusia istimewa. Baik dimata manusia maupun mata Allah. Muhammad SAW itu rasul, Enggak ngerasa sombong dengan status kenabiaannya. Muhammad SAW itu hamba, tapi ibadahnya gak ada yang nyaingin, terus bagaimana akhlak baiknya kepada sesama manusia bikin manusia menjuluki Al-amin. Ahh… Aku gak bisa mneyembunyikan kekagumanku tentang manusia satu ini(Muhammad SAW).
    MUdah2n bisa nyicip telaga al-kautsar beliau SAW. bisa ngobrol sama beliau SAW. Kan keren, kalo beliau SAW nanya: siapa namamu? aku jawab: aku muhammad. MUhammad Ilham ya rasul hehehe.
    Kalo adam (kita belum bicara manusia disana) dalam posisi iblis, harusnya dia menghormati. karena dia bertakwa.

    Sebenarnya Rasul SAW melarang kita berandai-andai tentang Allah. Misalnya, ini ada pertanyaan berbahaya nih. Jangan sampe kejebak sama pertanyaan ini:
    “Bisa enggak Allah menciptakan Batu yang dia sendiri tidak bisa mengangkatnya?”
    Kalo dipikir2, kita bilang gak bisa berarti Allah gak hebat donk? atau kalo bisa, berarti allah lemah donk?
    Kalo ada yang nanya gitu jawab aja:
    “allah tidak ditanya tentang apa yang dia kerjakan, tapi kitalah yang akan ditanya tentang apa yang kita kerjakan.”
    Atau ada jawaban lain?
    ———————————————

    ———————————————–
    Shela:
    masalah lagu dhani itu, gw baru taw dia ngambil dari ajaran sufi. jujur, gw juga suka baca buku sufi gw bahkan punya buku syekh siti jenar yang sesat itu lengkap hmmm….gw cuman ingin menyelami pemikiran tentang TUHAN itu dari sisi lain kok. ibaratnya kalo kamu maw kenal ama pacarmu jangan straight dari depan aja kan, tapi dilihat dari sisi lain sotoy gw hahahahahaahah….
    ——————————————————
    Kalo syekh siti jenar aku malah belum tahu ajaran lengkapnya. kalo gak salah dia menyeru wihdatul wujud ya? Artinya Allah berkesatuan dalam diri manusia. jadi tiap makhluk itu ada Allahnya. Yang aku tau itu sih yang bikin dia diklaim sesat.

    paham ini parah, kalo misalnya dalam darah kamu suku dayak misalkan. Maka bisa aja aku panggil kamu dayak, karena kamu memang dayak (ribet ya??). Atau kamu pake baju merah trus kau panggil hai merah ( kayaknya contoh ini lbh simple), berarti kalo Allah ada di diri kita, aku bisa panggil kamu Ya Allah. DLL….
    Allah uda bilang posisinya dia adalah diatas langit ketujuh. Makanya kita kalo doa tangannya terngadah ke atas. bukan ke bawah atau ke samping. trus ayat quran yang ceritain firaun ingin melihat tuhannya musa (allah) terus dia minta rakyatnya bangun tangga yang tinggi hingga sampe ke pintu langit (apakah ini piramid?) 😀
    Kalo mau kenal tuhan ya dari Nabi. Nabi waktu Isra mi’raj kan hampir ketemu ALlah (Tapi Allah tidak mengizinkan, dia memberi hijab(pembatas) dari cahaya yang menyilaukan bgt.) Gak ada cara laen she buat mengenal Tuhan. 🙂

    kalo A. D itu pengagum sufi kayaknya. Anaknya ada yang dinamain Abdul Qadir Jaelani, yang kata orang sufi adalah ulama mereka. Walupun aku gak tau juga sih pemikiran dia yang asli. Kan kita gak bisa begitu aja menjudge orang!
    Kalo sufi itu, sejarah lahirnya sama kayak filsafat. Jadi mereka mikir tentang tuhan berdasar pikiran mereka. terus dirumuskan menjadi ajaran. lalu tersebar dan yang banyak diamalkan orang-orang.

    Lagu satu kayaknay terinspirasi dari ajarannya syekh siti jenar itu:

    Aku ini adalah dirimu
    Cinta ini adalah cintamu
    Aku ini adalah dirimu
    Jiwa ini adalah jiwamu

    atau

    Dengan tanganmu aku menentu
    Dengan kakimu aku berjalan
    Dengan matamu aku memandang
    Dengan telingamu aku mendengar
    Dengan lidahmu aku bicara
    Dengan hatimu aku merasa

    Kalo mu-nya diartiin Tuhan ngertikan maksudnya??
    cuma ini penilaian(terhadap) lagunyanya relatif sih. Yang jelas wihdatul wujud (menyamakan Tuhan dengan Makhluk adalah tidak diterima dalam islam)
    ———————————————-
    —————————————————————
    Shela berkata:
    silaken tanggapannya ham…. (jujur ham, lu sekarang masuk jajaran orang yang gw hormatin, sedikit banged lo orang yang pemikiran dan keberadaannya gw hormatin kamu beruntung ham )
    ———————————————————–
    Segala pujian hanya untuk Allah.
    aku cuma pengen jadi manusia yang baik dan menebarkan kebaikan.
    Aku sadar aku umat akhir zaman. dimana kebenaran dan keburukan udah susah dibedain.
    Aku ingin mencintai Allah, Islam, lalu rasulNya saja 😀 .Dan menjadi pemegang kebenaran. Walaupun aku cuma sendirian. (aku sadar aku hidup 14 abad sejak islam diturunkan. Tapi walaupun sudah 20 abad berlalu, aku akan tetap mencari kebenaran.”

    Terima kasih atas penghormatanmu She. ehm…ehm, jadi enak nih hehehe.
    Aku sadar aku gak bisa mencocokan sikapku dengan seluruh hati manusia. PAsti ada yang beranggapan yang aku perbuat salah, atau sebaliknya. TApi yakin aja, aku kerjakan yang aku kira baik. Dengan tanpa merufgikan orang lain. 🙂

    Aku ingin suatu saat seperti bapakku yang bilang ke temannya (aku melihat dengan mata kepalaku sendiri. Bapakku membentuk tanda seru dengan telunjuknya (bentuk penegasan gitu) dia bilang: “Yang namanya fulan(bapakku menyebut namanya) enggak pernah nipu orang!” dan temannya itu tidak memperlihatkan keadaan penolakan.

    Jadi bisa seimbang dunia dan akhiratku.

    @Dviest
    lagi2, make blogmu untuk diskusi. pokoknya kita diskusi sehat aja disini. Diskusi mencari kebenaran. Bukan hanya perdebatan semata. 🙂

  35. @shela
    Aku suka gaya ceplas-ceplosnya shela. bikin kita buka pikiran. Karena memang yang berpikir itu memang manusia.

    sHela berkata:
    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga)
    ———————————————
    Malaikat != iblis (pake bahasa pemprog apa tuh?), artinya malaikat dan iblis dua makhluk yang berbeda. Dari asalnya kan malaikat dari cahaya, iblis dari api. Mungkin shela nyamain api itu bercahaya, tapi itu kan terjemahan. Dan bahasa indonesia ini bahasa paling plagiat sedunia. paling gak jelas tata bahasanya (kalo mau tau bedanya benar2 tanya ala tuh yg arab: beda NUR and Naar). Tapi harusnya emang beda!

    Iblis kan memang tinggalnya dulu disurga. Kalo malaikat gak tau juga tinggalnya dimana. 😀 .Tapi sih logikanya bakal nyebar, karena malaikat itu kerjanya macem. Ada yang memanggul Arsy-nya Allah, ada yang nyampein wahyu.
    Nah terus di surat albaqarah:30 Allah bilang kalo dia mau menciptakan khalifah di muka bumi. Malaikat protes: Kenapa Allah menciptakan manusia yang hanya berbuat kerusakan dan menumpahkan darah saja di muka bumi? Allah bilang: AKu tahu yang Kamu enggak tahu. Haha kayak bahasa gaulnya:Tau mana gw ato lw?
    Trus di ayat 31 Allah nantang malaikat kalo kamu benar,coba lawan nih adam yg uda diajarin nama2 benda seluruhnya. Malaikat ngaku kalah, trus Allah minta iblis dan malaikat menghormati Adam. Tapi iblis gak mau, gengsi katanya (ups… maaf ya setan kalo baca, btw btul gak tan?)
    ———————————————————–
    ———————————————————-
    Shela berkata:
    hmmm, masalah surga itu gini ya…kadang gw ngerasa orang2 yang beriman dengan tujuan mengharap surga itu kek seorang cewe yang maw nikah dengan tujuan duit suami-nya
    ————————————————————–

    tentang surga dan neraka, kita gak apa-apa beramal mengharap masuk surga dan takut dimasukkan neraka. Sebaiknya shela juga terima prinsip ini. Soalnya nabi kita doanya:
    “Rabbana atiina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa Qina azabb annaar”

    Pasti hapal kan? Artinya kan kita minta kehidupan yang baik di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari azab neraka”

    Kalo doa lain lagi” Ya allah ,masukkan aku ke alam surgamu dan jauhkan aku dari neraka.”

    Artinya, ini harapan yang dibolehkan. Sah2 aja kalo misalnya anak kecil minta hadiah ke Bapakny misalnya dia rangking kelas. Apalagi kalo Bapaknya mampu.
    Kalo soal istri nikah sama suami karena hartanya menurutku selama si istri gak melanggar hak dan kewajibannya gak masalah.
    Logikanya siapa yang mau hidup susah? apalagi yang namanya PEREMPUAN. kalo bisa dia jadi ratu. :((
    ———————————————————————-
    —————————————————
    shela berkata:
    masalah pengusiran iblis itu, kadang gw mikir gini, iblis memang mikir dia memang lebih baik dari manusia (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga), kalo gw umpamain iblis itu seperti seorang istri pertama yang sangat super cantik hampir tanpa cela, dan tiba2 ALLAH SWT membawa istri kedua (manusia) yang dengan gamblang dinyatakan lebih cantik dan dicintai (btw sekali lagi gw bilang ini umpamanya….umpama….) mnurut gw wajar aja iblis itu marah, seandainya posisi itu ditukar antara manusia dan iblis, mungkin hasil kejadiannya sebelas dua belas aja.
    —————————————————

    kalo soal iblis!=malaikat uda dibahas ya. iblis= istri pertama, hmm… ngerti sih maksudnya. Iblis seperti dinomorsatukan gitu kan? Tapi kan Allah Maha Adil, dia ngebeda2in makhluknya berdasarkan ketaqwaan (ini buat manusia sih, tapi kayaknya berlaku juga buat setan hehe).
    Waktu iblis disuruh hormat, iblis memang tinggal di surga. Adam, belum diceritain mau ditaro dimana. Sekali lagi, alasannya kesombongan, kesombongan dan kesombongan. Artinya Kalo setan matuhi perintah ALlah menghormati adam, mereka mungkin tetanggaan 😀 . Tapi kita gak ada donk, koment ini juga gak ada 😀 .

    Inilah bedanya orang bertaqwa sama yang enggak. orang bertaqwa kalo dibilang Gak boleh kayak gini! langsung dipatuhi mereka bilang: sami’na wa ato’na (kami dengar dan kami taat). (kayaknya setan gak gitu deh ke ALlah)
    Ada cerita tentang ayat minuman keras. Ceritanya gini:
    Awal islam berkembang, manusia gak dilarang mabuk. Allah belum menurunkan ayat gak boleh mabok.
    UDa berapa lama ajaran islam turun, baru turun ayat Gak boleh sholat dalam keadaan mabuk ya????
    orang-orang masih ngerasa, ah gampang. Cuma pas sholat doank.
    Baru, setelah sholatnya kuat. Allah bilang: Minuman keras haram! Saat itu, orang-orang langsung buang minuman keras yang mereka punya. Semuanya! itu wujud Sami’na wa ato’na
    Kalo uda gini kejadiannya berarti setan enggak bertaqwa ya gak? gak pantas donk nerima surga ALLAH hehe.
    ——————————————————-

    ——————————————————-
    Shela berkata:
    btw, ham kalo boleh taw, kelebihan manusia dibanding iblis itu apa yak? iblis itu cuman satu existensi kan, mnurut gw si yang bisa nyaingin dia cuman MUHAMMAD SAW doank. kenapa gw bilang kek gitu? setahu gw, iblis itu dulu malaikat, berarti dia sujud bener2 sujud kepada ALLAH SWT. cinta matinya itu ALLAH SWT sujud kepadanya bukan karena embel2 surga, buktinya dia rela dibuang ke neraka. i mean, kalo manusia dalam posisi si iblis diancem dibuang ke neraka gw yakin pasti langsung nundukin kepala
    ———————————————————-

    Kelebihan manusia? manusia kan paling sempurna. Disempurnakan pake akal. Kata Allah manusia diciptakan dalam bentuk sebaik2nya (at-tiin 4). Pernah dengar juga, cuma belum tau betul ato enggak (uda dewasa, jadi perlu ngecek lagi kebenarannya :D) ) katanya ADam diciptakan langung dengan Tangan Allah, sementara jin, dan malaikat cuma dibilang JAdilah!, trus manusia diberi Allah ruh.
    Nah, kalo manusia aja uda istimewa, apalagi MUhammad SAW. bukannya bermaksud berlebih2an kepada Hamba Allah dan rasulNya ini. Tapi dia memang manusia istimewa. Baik dimata manusia maupun mata Allah. Muhammad SAW itu rasul, Enggak ngerasa sombong dengan status kenabiaannya. Muhammad SAW itu hamba, tapi ibadahnya gak ada yang nyaingin, terus bagaimana akhlak baiknya kepada sesama manusia bikin manusia menjuluki Al-amin. Ahh… Aku gak bisa mneyembunyikan kekagumanku tentang manusia satu ini(Muhammad SAW).
    MUdah2n bisa nyicip telaga al-kautsar beliau SAW. bisa ngobrol sama beliau SAW. Kan keren, kalo beliau SAW nanya: siapa namamu? aku jawab: aku muhammad. MUhammad Ilham ya rasul hehehe.
    Kalo adam (kita belum bicara manusia disana) dalam posisi iblis, harusnya dia menghormati. karena dia bertakwa.

    Sebenarnya Rasul SAW melarang kita berandai-andai tentang Allah. Misalnya, ini ada pertanyaan berbahaya nih. Jangan sampe kejebak sama pertanyaan ini:
    “Bisa enggak Allah menciptakan Batu yang dia sendiri tidak bisa mengangkatnya?”
    Kalo dipikir2, kita bilang gak bisa berarti Allah gak hebat donk? atau kalo bisa, berarti allah lemah donk?
    Kalo ada yang nanya gitu jawab aja:
    “allah tidak ditanya tentang apa yang dia kerjakan, tapi kitalah yang akan ditanya tentang apa yang kita kerjakan.”
    Atau ada jawaban lain?
    ———————————————

    ———————————————–
    Shela:
    masalah lagu dhani itu, gw baru taw dia ngambil dari ajaran sufi. jujur, gw juga suka baca buku sufi gw bahkan punya buku syekh siti jenar yang sesat itu lengkap hmmm….gw cuman ingin menyelami pemikiran tentang TUHAN itu dari sisi lain kok. ibaratnya kalo kamu maw kenal ama pacarmu jangan straight dari depan aja kan, tapi dilihat dari sisi lain sotoy gw hahahahahaahah….
    ——————————————————
    Kalo syekh siti jenar aku malah belum tahu ajaran lengkapnya. kalo gak salah dia menyeru wihdatul wujud ya? Artinya Allah berkesatuan dalam diri manusia. jadi tiap makhluk itu ada Allahnya. Yang aku tau itu sih yang bikin dia diklaim sesat.

    paham ini parah, kalo misalnya dalam darah kamu suku dayak misalkan. Maka bisa aja aku panggil kamu dayak, karena kamu memang dayak (ribet ya??). Atau kamu pake baju merah trus kau panggil hai merah ( kayaknya contoh ini lbh simple), berarti kalo Allah ada di diri kita, aku bisa panggil kamu Ya Allah. DLL….
    Allah uda bilang posisinya dia adalah diatas langit ketujuh. Makanya kita kalo doa tangannya terngadah ke atas. bukan ke bawah atau ke samping. trus ayat quran yang ceritain firaun ingin melihat tuhannya musa (allah) terus dia minta rakyatnya bangun tangga yang tinggi hingga sampe ke pintu langit (apakah ini piramid?) 😀
    Kalo mau kenal tuhan ya dari Nabi. Nabi waktu Isra mi’raj kan hampir ketemu ALlah (Tapi Allah tidak mengizinkan, dia memberi hijab(pembatas) dari cahaya yang menyilaukan bgt.) Gak ada cara laen she buat mengenal Tuhan. 🙂

    kalo A. D itu pengagum sufi kayaknya. Anaknya ada yang dinamain Abdul Qadir Jaelani, yang kata orang sufi adalah ulama mereka. Walupun aku gak tau juga sih pemikiran dia yang asli. Kan kita gak bisa begitu aja menjudge orang!
    Kalo sufi itu, sejarah lahirnya sama kayak filsafat. Jadi mereka mikir tentang tuhan berdasar pikiran mereka. terus dirumuskan menjadi ajaran. lalu tersebar dan yang banyak diamalkan orang-orang.

    Lagu satu kayaknay terinspirasi dari ajarannya syekh siti jenar itu:

    Aku ini adalah dirimu
    Cinta ini adalah cintamu
    Aku ini adalah dirimu
    Jiwa ini adalah jiwamu

    atau

    Dengan tanganmu aku menentu
    Dengan kakimu aku berjalan
    Dengan matamu aku memandang
    Dengan telingamu aku mendengar
    Dengan lidahmu aku bicara
    Dengan hatimu aku merasa

    Kalo mu-nya diartiin Tuhan ngertikan maksudnya??
    cuma ini penilaian(terhadap) lagunyanya relatif sih. Yang jelas wihdatul wujud (menyamakan Tuhan dengan Makhluk adalah tidak diterima dalam islam)
    ———————————————-
    —————————————————————
    Shela berkata:
    silaken tanggapannya ham…. (jujur ham, lu sekarang masuk jajaran orang yang gw hormatin, sedikit banged lo orang yang pemikiran dan keberadaannya gw hormatin kamu beruntung ham )
    ———————————————————–
    Segala pujian hanya untuk Allah.
    aku cuma pengen jadi manusia yang baik dan menebarkan kebaikan.
    Aku sadar aku umat akhir zaman. dimana kebenaran dan keburukan udah susah dibedain.
    Aku ingin mencintai Allah, Islam, lalu rasulNya saja 😀 .Dan menjadi pemegang kebenaran. Walaupun aku cuma sendirian. (aku sadar aku hidup 14 abad sejak islam diturunkan. Tapi walaupun sudah 20 abad berlalu, aku akan tetap mencari kebenaran.”

    Terima kasih atas penghormatanmu She. ehm…ehm, jadi enak nih hehehe.
    Aku sadar aku gak bisa mencocokan sikapku dengan seluruh hati manusia. PAsti ada yang beranggapan yang aku perbuat salah, atau sebaliknya. TApi yakin aja, aku kerjakan yang aku kira baik. Dengan tanpa merufgikan orang lain. 🙂

    Aku ingin suatu saat seperti bapakku yang bilang ke temannya (aku melihat dengan mata kepalaku sendiri. Bapakku membentuk tanda seru dengan telunjuknya (bentuk penegasan gitu) dia bilang: “Yang namanya fulan(bapakku menyebut namanya) enggak pernah nipu orang!” dan temannya itu tidak memperlihatkan keadaan penolakan.

    Jadi bisa seimbang dunia dan akhiratku.

    @Dviest
    lagi2, make blogmu untuk diskusi. pokoknya kita diskusi sehat aja disini. Diskusi mencari kebenaran. Bukan hanya perdebatan semata. 🙂

    @all
    Keep fight man!

  36. viestinlove Says:

    @gin n nona : jgn berantem dunks. gin cm bcnda non.
    tp aneh emang, komen pertamamu kena moderasi. tapi yg kedua g tuh. sekarang malah komenny ilham yg perlu moderasi. ga asyik y jadiny klo mw diskusi g bs lngsung, hrs nunggu aq moderasi terus. ada yg tw knp??
    @nona n ilham : kalian memang luar biasa. saya pun tdk sampe jauh gitu berpikirny.thanks dah berbagi pemkiran.
    saya mw ngmng jd takut salah. aduh…..

  37. @shela & the others
    Shela berkata:
    oiya, masalah yang gw takutkan setelah mati itu kok tanggapanmu gak nyambung ham? ato apa gw aja yang lemot maksutnya gw ini tipe yang nganggep apa yang gw anggep benar itu benar dan apa yang gw anggap salah itu salah. tapi itu kan hanya anggapan gw, pemikiran gw. seandainya kalo hal itu ternyata salah smua, itu merupakan penyesalan terbesar bagi gw. (dan apa yang gw katakan di atas itu bukan berarti gw ini sotoy, gw laiknya manusia pernah berbuat salah, dan gw sadar itu salah, dengan idealisme gw yang gw sebutin di atas bukan berarti gw ini gak pernah berbuat salah karena taw salah itu yang mana benar itu yang mana)
    ———————————————————-
    Emang gak nyambung kayaknya :piss. pusing tuh she. nulisnya jam 2 pagi. Beresnya jam 3 pagi. Aku harus banyak2 searching bahan dulu di internet sebelum bahas komen kamu. Soalnya aku perlu yakin dulu dengan pemikiranku. maaf kalo agak gak nyambung hehe.
    Setelah kematian memang prosesnya lebih ribet lagi. teman kita saat itu hanya amal di dunia.
    Waktu malaikat dtg, dia nanya 3 hal: siapa tuhan kamu? siapa agamamu, apa nabimu?
    Kalo jawabannya betul, setiap pagi dan sore ditunjukkan kepadanya tempatnya disurga
    Kalo jawabnanya salah, setiap pagi dan sore ditunjukkan kepadanya tempatnya di neraka
    kalo soal sesuatu yang kamu anggap benar != kebenaran di akhirat memang bahaya. Mudah2n tidak menimpa kita.
    —————————————————–

    Shela berkata:
    untuk poin yang nomor 6 itu jarang la ya…maksut gw gini, kebanyakan sih orang2 itu kalo gak maw berbuat dosa karena takut neraka bukan TUHAN, jadi sepertinya existensi neraka itu sendiri lebih besar.
    ———————————————-
    Uda dibahas tadi. Memang sih, kalo dipikir2 kayak 2 raja. Sama2 dipatuhi, yang satu karena ditakuti hukumannya, satu lagi karena dicintai rakyatnya,
    Tapi mau gimana lagi. Beginilah islam. Patuh sama syariah lebih penting ketimbang logika kita.
    Contohnya:ALi bin ABi Thalib berkata:” Kalau-lah agama hanya logika, tentulah lebih utama membersihkan atas sepatu ketimbang bawahnya.”

    jadi ceritanya: Kalo kita tayamum, kita membasuh sepatu cuma atasnya aja.Padahal secara logika, sepatu itu lebih kotor bawahnya (alas) ketimbang atasnya. 😀
    ——————————————————-

    ———————————
    Shela berkata:
    tapi kalau begitu memang manusia itu kelompok ciptaan ALLAH SWT manusia yang sangat beruntung. gw berpikir, sebegitu besar kasih sayang ALLAH SWT kepada manusia ini, kalo TUHAN maw, dia mungkin gak perlu rasa tunduk dan iman para manusia yang lebih menghargai surga dan lebih takut daripada neraka. tapi orang yang berbuat baik demi surgapun, juga mendapat kasih sayang ALLAH SWT.
    ———————————–
    Beruntung banget memang manusia itu. setuju! Tuhan memang gak perlu sembah sujud makhluknya. Gak akan mengurangi kemuliaan Allah jika kita tidak beriman. Dan seblaiknya tidak akan memambah kemuliaan Tuhan dengan kita beriman dengannya.
    —————————————
    @ dviest
    aku disini is, abis FLP hehehe

  38. nonasheila Says:

    @viest+gin : gah sarkas sarkas….gw ketawa kan di bagian akhir…gak ngomel kok…

    @tuan ilham :

    *Malaikat != iblis (pake bahasa pemprog apa tuh?), artinya malaikat dan iblis dua makhluk yang berbeda. Dari asalnya kan malaikat dari cahaya, iblis dari api. Mungkin shela nyamain api itu bercahaya, tapi itu kan terjemahan. Dan bahasa indonesia ini bahasa paling plagiat sedunia. paling gak jelas tata bahasanya (kalo mau tau bedanya benar2 tanya ala tuh yg arab: beda NUR and Naar). Tapi harusnya emang beda!

    Iblis kan memang tinggalnya dulu disurga. Kalo malaikat gak tau juga tinggalnya dimana. 😀 .Tapi sih logikanya bakal nyebar, karena malaikat itu kerjanya macem. Ada yang memanggul Arsy-nya Allah, ada yang nyampein wahyu.
    Nah terus di surat albaqarah:30 Allah bilang kalo dia mau menciptakan khalifah di muka bumi. Malaikat protes: Kenapa Allah menciptakan manusia yang hanya berbuat kerusakan dan menumpahkan darah saja di muka bumi? Allah bilang: AKu tahu yang Kamu enggak tahu. Haha kayak bahasa gaulnya:Tau mana gw ato lw?
    Trus di ayat 31 Allah nantang malaikat kalo kamu benar,coba lawan nih adam yg uda diajarin nama2 benda seluruhnya. Malaikat ngaku kalah, trus Allah minta iblis dan malaikat menghormati Adam. Tapi iblis gak mau, gengsi katanya (ups… maaf ya setan kalo baca, btw btul gak tan?)*

    iya memang iblis != malaikat, maksut gw kan dulu (makanya gw bilang previously) sebelum iblis diusir ke neraka pan dia tinggal di surga, termasuk makhluk yang hidup disamping ALLAH SWT. sebelum gw lanjut, gw maw ngasi taw (jikalau ilham blum taw) iblis yang gw maksut di sini berbeda dengan setan2 biasa, ya gak beda2 amat, karena setahu gw setan2 biasa itu adalah jin2 yang murtad (jin juga ada yang baek kan) dan iblis itu adalah satu existensi yang membelot kepada ALLAH SWT waktu ADAM diciptakan. jadi asumsi gw, yang nolak disuruh sujud itu pertamanya adalah hanya iblis seorang, dan masalah setan2 yang lainnya itu adalah jin2 yang kena tipu sama iblis (ato ikut2an? 😆 )
    nah, diliat dari pemikiran gw di atas itu, karena iblis punya “kemampuan” untuk membelot, mnurut gw levelnya di atas malaikat. atau sama? hal ini belum jelas juga sih, berhubung gw juga gak taw sebelum ADAM diciptakan dan iblis belum diusir si iblis itu kerjanya ngapain (klo malaikat kan udah jelas bertasbih dan menyembah ALLAH SWT)

    Artinya, ini harapan yang dibolehkan. Sah2 aja kalo misalnya anak kecil minta hadiah ke Bapakny misalnya dia rangking kelas. Apalagi kalo Bapaknya mampu.
    Kalo soal istri nikah sama suami karena hartanya menurutku selama si istri gak melanggar hak dan kewajibannya gak masalah.
    Logikanya siapa yang mau hidup susah? apalagi yang namanya PEREMPUAN. kalo bisa dia jadi ratu. :((

    tetap saja tidak bisa menjawab pertanyaan, seandainya suami kamu jadi kere, kamu masih cinta atau tidak? diasumsikan kalau seandainya surga sama neraka dibikin gak ada, masih maw menyembah ALLAH SWT ga?
    gw gak bilang mengharap masuk surga itu salah. itu mah faktanya. cuman maksut gw itu yang tunduk dengan mengharap masuk surga itu juga taw diri. menolong orang itu baik tapi lebih baik kalo menolong orang itu demi alasan sesama daripada mengharapkan dikasi imbalan.
    konsepnya ya sama, seperti orang2 yang menganggap dirinya pasti masuk surga dengan beribadah. gw jarang nemu orang beribadah dengan alasan supaya ALLAH SWT makin cinta ama dia. contoh yang gw sebutkan di atas itu boleh2 aja, itu baik kok.
    tapi kadang muncul hal menjengkelkan orang2 seperti contoh di atas menganggap dirinya paling suci, padahal di dunia ini, ada yang lebih baik.

    Tapi kan Allah Maha Adil, dia ngebeda2in makhluknya berdasarkan ketaqwaan (ini buat manusia sih, tapi kayaknya berlaku juga buat setan hehe).
    Waktu iblis disuruh hormat, iblis memang tinggal di surga. Adam, belum diceritain mau ditaro dimana. Sekali lagi, alasannya kesombongan, kesombongan dan kesombongan. Artinya Kalo setan matuhi perintah ALlah menghormati adam, mereka mungkin tetanggaan 😀 . Tapi kita gak ada donk, koment ini juga gak ada 😀 .

    berlaku buat setan? mungkin gak, setahu gw kesalahan iblis ke ALLAH SWT itu cuman sekali, ya waktu membelot itu. sebelum dan setelah keknya gak ada. dibandingkan dengan manusia, MUHAMMAD SAW aja pernah berbuat salah (walau sudah dimaafkan) dan gak semua manusia sama seperti MUHAMMAD SAW. dan yang gw baca juga, setahu gw iblis itu gak bermusuhan dengan ALLAH SWT tapi iblis itu bermusuhan dengan manusia. gak pernah sekalipun gw denger iblis itu membenci ALLAH SWT (hal ini yang membuat gw mentertawakan manusia2 yang anti-TUHAN (bukan atheist/agnotis tapinya) dan menyembah setan dan iblis) cuman manusia yang bisa membenci TUHAN-nya sendiri 😆

    Kalo uda gini kejadiannya berarti setan enggak bertaqwa ya gak? gak pantas donk nerima surga ALLAH hehe.

    ups…eling mas eling 😆 (bener gak tuh bahasanya) gak ada seorangpun yang berhak menjudge makhluk TUHAN yang lainnya apakah dia pantas masuk surga ato neraka. seperti yang gw sebutin di atas, iblis itu bukan musuh ALLAH SWT, pernahkah disebut kalau ALLAH SWT itu membenci iblis dan sebaliknya iblis membenci ALLAH SWT? setahu gw sih gak ada (tapi gak taw kalo ada…pengetahuan gw belum luas sih 😆 )

    Kelebihan manusia? manusia kan paling sempurna. Disempurnakan pake akal. Kata Allah manusia diciptakan dalam bentuk sebaik2nya (at-tiin 4). Pernah dengar juga, cuma belum tau betul ato enggak (uda dewasa, jadi perlu ngecek lagi kebenarannya :D) ) katanya ADam diciptakan langung dengan Tangan Allah, sementara jin, dan malaikat cuma dibilang JAdilah!, trus manusia diberi Allah ruh.

    weeei, baru taw gw masalah ALLAH SWT yang turun langsung dalam penciptaan manusia 😀 iya manusia punya akal, tapi masa iblis gak punya? malaikat udah pasti punya (kalo gak, gak ada ayat soal malaikat yang mempertanyakan penciptaan manusia ke ALLAH SWT), apalagi iblis, yang manusia berakal aja banyak kecele ama dia. nafsu, malaikat gak punya, iblis dan setan punya ato ga? setan itu beranak pinak gak sih? (ngaco.com 😆 ) tapi menurut gw dengan memberontaknya iblis itu sendiri membuktikan kalo dia punya nafsu (nafsu pengen jadi yang terbaik, tinggi hati). so what’s left?

    ebenarnya Rasul SAW melarang kita berandai-andai tentang Allah. Misalnya, ini ada pertanyaan berbahaya nih. Jangan sampe kejebak sama pertanyaan ini:
    “Bisa enggak Allah menciptakan Batu yang dia sendiri tidak bisa mengangkatnya?”
    Kalo dipikir2, kita bilang gak bisa berarti Allah gak hebat donk? atau kalo bisa, berarti allah lemah donk?
    Kalo ada yang nanya gitu jawab aja:
    “allah tidak ditanya tentang apa yang dia kerjakan, tapi kitalah yang akan ditanya tentang apa yang kita kerjakan.”
    Atau ada jawaban lain?

    oh, gw taw soal pertanyaan ini. kerjaannya para filsuf neh 😆 akar dari pertanyaan itu sendiri kan apakah ALLAH SWT itu memiliki unsur kejahatan dalam existensinya (jadi bukan hanya yang baik2 saja, tapi juga kejahatan ada dalam diri ALLAH SWT)?

    ini pendapat umum gw mengenai TUHAN ditilik dari kajian filsafat (ceileee…filsafat eeuy…gyahahah :lol:) dulu gw sempat memikirkan apa yang ada di dunia (baik gaib dan non gaib) ini seluruhnya tidak memiliki batas. dan pemikiran manusia itu sangatlah terbatas. maka munculah konsep TUHAN sebagai batasan di dunia karena ketidak mampuan pikiran manusia untuk mengelola ketidakterbatasan dunia dan alam semesta. contoh simpel, masalah mana yang duluan ayam ato telor. dengan adanya konsep TUHAN yang almighty, yang maha dari segala maha existensinya, semua yang ada di dunia ini bisa dijelaskan.

    jadi manusia itu membatasi hal yang tidak terbatas dengan (TUHAN) yang existensinya juga tidak terbatas.

    in fact, gimana kita mengandaikan sesuatu yang gak terbatas sementara pikiran manusia ini hanya terbatas di dalam tempurung kecil? makanya banyak filsuf yang jadi gila. mengandaikan ALLAH SWT itu seperti melihat ujung alam semesta. gak bakal bisa.

    *coba jawaban fikom gw kemaren kek gini 😆 *

    Kalo syekh siti jenar aku malah belum tahu ajaran lengkapnya. kalo gak salah dia menyeru wihdatul wujud ya? Artinya Allah berkesatuan dalam diri manusia. jadi tiap makhluk itu ada Allahnya. Yang aku tau itu sih yang bikin dia diklaim sesat.

    paham ini parah, kalo misalnya dalam darah kamu suku dayak misalkan. Maka bisa aja aku panggil kamu dayak, karena kamu memang dayak (ribet ya??). Atau kamu pake baju merah trus kau panggil hai merah ( kayaknya contoh ini lbh simple), berarti kalo Allah ada di diri kita, aku bisa panggil kamu Ya Allah. DLL….

    syekh siti jenar emang dianggap sesat. tapi mnurut gw (mnurut gw lo ya) analogi di dalam diri gw itu ada ALLAH SWT maka gw adalah ALLAH SWT itu rancu. contoh yang kamu pake itu juga absurd karena kalo gw make contoh di dalam diri gw ada cacing maka gw adalah cacing? gw sih agak2 sedikit paham dengan pemikiran si syekh siti jenar ini. tapi susah bagi gw ngejelasinnya di sini, dan pembahasan ntar menjalar ke mana2 dan jadi OT. bagi gw sendiri mnurut gw syekh siti jenar itu gak sesat (gw ngomong begini juga bukan berarti gw ngikut ajaran syekh siti jenar) dia cuman mempresentasikan ALLAH itu dengan cara yang berbeda. ajaran syekh siti jenar pun sampai sekarang itu masih banyak yang diragukan keasliannya karna dulu juga kematian syekh siti jenar juga ada unsur2 politiknya.
    gw sih bukan fans dhani, malah cenderung benci, pemikirannya gak balance 😆 lirik lagunya jaman2 sebelum ada RCM mah ngena smua, tapi sekarang gak jauh2 dari selangkangan…buuh…

  39. nonasheila Says:

    lanjut gaan!!!

    Uda dibahas tadi. Memang sih, kalo dipikir2 kayak 2 raja. Sama2 dipatuhi, yang satu karena ditakuti hukumannya, satu lagi karena dicintai rakyatnya,
    Tapi mau gimana lagi. Beginilah islam. Patuh sama syariah lebih penting ketimbang logika kita.
    Contohnya:ALi bin ABi Thalib berkata:” Kalau-lah agama hanya logika, tentulah lebih utama membersihkan atas sepatu ketimbang bawahnya.”

    jadi ceritanya: Kalo kita tayamum, kita membasuh sepatu cuma atasnya aja.Padahal secara logika, sepatu itu lebih kotor bawahnya (alas) ketimbang atasnya. 😀

    lah ini bukan logika mnurut gw sih. kalo logika itu intrepetasi TUHAN yang gw sebutin di atas tadi 😆
    dan masalah ini udah gw jelasin di atas. bolehlah menyembah ALLAH SWT demi surga, tapi itu tidak menjadikannya lebih baik dengan makhluk2 yang lain yang menyembah karena dirinya cinta kepada ALLAH SWT. jadi kalo semisal nih, ada orang rajin sholat, puasanya pol, ilmu agamanya tinggi, setiap hari bertasbih dan dia memandang remeh iblis yang gw asumsikan juga menyembah ALLAH SWT itu aneh! oke memang kita diwajibkan tidak tersesat oleh rayuan iblis, tapi bukan berarti memandang remeh. ibaratnya kita lagi tanding catur, lawan kita itu adalah musuh tapi bukan berarti kita memandang remeh lawan kita kan? ibaratnya gini, iblis itu menggoda manusia untuk membuktikan keyakinan dirinya bahwa dirinya lah yang paling perfect sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT, dan ALLAH SWT udah ngasi lampu hijau untuk urusan goda menggoda itu sampai kiamat, jadi gak ada yang salah soal goda menggoda si iblis karena udah daped izin dari ALLAH SWT, kasarnya itu gak nambah dosa sang iblis. sedangkan manusia (beberapa or mostly) berusaha menghindari godaan itu supaya masuk surga.

    analoginya sama seperti dua orang anak yang belajar, satu belajar mati2an demi mendapatkan nilai terbaik dan mengharapkan ortunya notice akan kehebatan existensinya, dan yang satunya belajar mati2an demi mendapatkan hadiah PS.

    jadi kalo keberadaan PS itu gak ada, siapakah yang akan menang? 🙂

    bleeeh…capek euy nulisnya…. 😆

    kalian memang luar biasa. saya pun tdk sampe jauh gitu berpikirny.thanks dah berbagi pemkiran.
    saya mw ngmng jd takut salah. aduh…..

    loh is…hayo ikutan nimbrung….gak papa lagi…. 😆 ngomong2 si omongkosong kok ga ikutan berpartisipasi ya? harusnya ada ala ini ikutan 😆

  40. @shela
    wah, logika berpikirku belum sampe kayak kamu she.
    Aku muali bingung jawabnya hahaha

    dimoderasi karena panjang mungkin. tapi komenmu di blogku juga moderasi she. gak ngerti juga alasannya. oh iya, cara bikin quote gitu gimana caranya (gaptek..gaptek mode on!)
    ————————————————————-
    Shela berkata:
    (setahu gw, iblis itu dulunya sebelum diusir termasuk jajaran malaikat tinggi di surga).
    —————————————————
    Nah ini yang bkin aku ngejelasin kalo iblis != malaikat. Jelas ya. Kamu uda klarifikasi sendiri. lebih tepat kalo dibilang iblis itu jajaran makhluk di surga
    —————————————————————

    ——————————————————————-
    Shela berkata:
    sebelum gw lanjut, gw maw ngasi taw (jikalau ilham blum taw) iblis yang gw maksut di sini berbeda dengan setan2 biasa, ya gak beda2 amat, karena setahu gw setan2 biasa itu adalah jin2 yang murtad (jin juga ada yang baek kan) dan iblis itu adalah satu existensi yang membelot kepada ALLAH SWT waktu ADAM diciptakan. jadi asumsi gw, yang nolak disuruh sujud itu pertamanya adalah hanya iblis seorang, dan masalah setan2 yang lainnya itu adalah jin2 yang kena tipu sama iblis (ato ikut2an? )
    —————————————————————
    terima kasih memberi tahu. iblis itu memang cuma satu dialah sang raja setan.
    Tapi setan itu gak jelas juga sih. Gak jelasnya itu adalah benar2 ada setan murni atau cuma jin2 yang menyesatkan lalu disebut setan 😀 .mungki nshela tau?
    Di sini kita sepaham. Alhamdulillah, ilmunya sama 🙂
    ——————————————————————–
    ———————————————-
    Shela berkata:

    ups…eling mas eling (bener gak tuh bahasanya) gak ada seorangpun yang berhak menjudge makhluk TUHAN yang lainnya apakah dia pantas masuk surga ato neraka. seperti yang gw sebutin di atas, iblis itu bukan musuh ALLAH SWT, pernahkah disebut kalau ALLAH SWT itu membenci iblis dan sebaliknya iblis membenci ALLAH SWT?
    ——————————————————-
    betul sekali shela. saya sempat terperangkap analogi kayaknya. gak boleh menjudge seorang itu ahli surga atau neraka.
    Cuma, kalo kondisinya iblis kan dia awalnya ahli surga. Sama Allah disuruh ngehormatin adam gak mau. ini yang aku maksud enggak bertaqwa, makanya dia gak boleh tinggal di neraka. Bukan menjudge orang lain. :piss

    ————————
    Shela berkata:
    tetap saja tidak bisa menjawab pertanyaan, seandainya suami kamu jadi kere, kamu masih cinta atau tidak? diasumsikan kalau seandainya surga sama neraka dibikin gak ada, masih maw menyembah ALLAH SWT ga?
    gw gak bilang mengharap masuk surga itu salah. itu mah faktanya. cuman maksut gw itu yang tunduk dengan mengharap masuk surga itu juga taw diri. menolong orang itu baik tapi lebih baik kalo menolong orang itu demi alasan sesama daripada mengharapkan dikasi imbalan.
    ————————————————
    Tapi kita setuju ya, gak apa2 mengerjakan amalan mengharap surga dan dijauhkan dari neraka?
    Surga dan neraka itu juga makhluk. yang ditetapkan allah bersifat kekal.
    Kalo dianalogikan emang repot, kayaknya otakku gak nyampe hehehe.
    ————————————————-
    ——————————————————
    Shela berkata:
    weeei, baru taw gw masalah ALLAH SWT yang turun langsung dalam penciptaan manusia.
    ——————————————–
    Ini aku baca pas SD, buku kayak RPUL tapi tentang kisah nabi, makanay aku bilang blm bisa dipertimbangkan. Tapi kalo soal tangan, Allah memang punya tangan. walaupun tidak ada seorang manusia pun di alam semesta ini yang tahu bagaimana tangan Allah. Kita tahunya cuma dari ayat dan hadis aja.
    ————————————————-

    ——————————————-
    Shela berkata:
    iya manusia punya akal, tapi masa iblis gak punya? malaikat udah pasti punya (kalo gak, gak ada ayat soal malaikat yang mempertanyakan penciptaan manusia ke ALLAH SWT), apalagi iblis, yang manusia berakal aja banyak kecele ama dia. nafsu, malaikat gak punya, iblis dan setan punya ato ga? setan itu beranak pinak gak sih?
    ———————————————–
    hm.. kesalahan lagi dariku kayaknya.
    betul malaikat gak punya nafsu, akal punya mungkin. Kalo iblis kayaknya emang gak punya akal deh. cuma punya nafsu. Habis sombong gitu. Gak bisa mikir kebenaran. Ap susahnya bilang Adam memang hebat!
    Iblis gak punya anak kayaknya. Iblis itu makhluk yang kekal juga. Iblis dari zaman adam sampe sekarang itu masih iblis yang sama. Gak pake ganti2 kepengurusan wkakaka
    ————————————————-

    —————————————————
    Shela berkata:
    syekh siti jenar emang dianggap sesat. tapi mnurut gw (mnurut gw lo ya) analogi di dalam diri gw itu ada ALLAH SWT maka gw adalah ALLAH SWT itu rancu.
    —————————————————-
    Ini pernah terjadi waktu zaman sufi edan itu. makanya mereka sampe bilang allah itu anjing. Kan uda jelas posisi Allah itu dilangit. Walaupun begitu, dia maha dekat sama seseorang. Sedekat urat nadi leher. gitu aja sih menurutku.
    ———————————————————–

    ——————————————-
    Shela berkata:
    lah ini bukan logika mnurut gw sih. kalo logika itu intrepetasi TUHAN yang gw sebutin di atas tadi
    dan masalah ini udah gw jelasin di atas.
    —————————————-
    Kamu lebih banyak bermain di logika tuhan. Kalo contohku lebih ke logika umum. Kita tau sepatu jelas2 lebih kotor alasnya ketimbang atasnya. yang nginjak tai ayam, permen karet dll itu alasnya bukan bagian atas sepatunya. Tapi kita malah disuruh bersihin atasnya bukan alasnya.
    ——————————————————-

    —————————————————–
    Shela:
    bolehlah menyembah ALLAH SWT demi surga
    ——————————————————–
    Ok, kamu bilang boleh kan 🙂 .Kita sepakat!
    —————————————————-

    ———————————————————–
    Shela berkata:
    tapi itu tidak menjadikannya lebih baik dengan makhluk2 yang lain yang menyembah karena dirinya cinta kepada ALLAH SWT
    ——————————-
    Emang yang menyembah allah karena surga enggak cinta Allah gitu? emang ada ya? oh iya aku baru baca hadits ini. keren sih menurutku. Mungkin bisa memuaskan logika tuhanmu.
    Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Terdapat seorang lelaki yang belum pernah melakukan satu kebajikan pun berkata kepada keluarganya apabila dia mati, maka hendaklah mereka membakar jenazahnya lalu menebarkan setengah dari abunya ke daratan dan yang setengah lagi ke lautan. Demi Allah! Jika sekiranya Allah kuasa atasnya, tentu Dia akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Dia timpakan kepada seorang pun di dunia ini. Kemudian ketika orang itu meninggal mereka segera melaksanakan apa yang diperintahkan. Lalu Allah memerintahkan daratan untuk mengumpulkan abu jenazahnya yang ditebarkan kepadanya, dan memerintahkan lautan untuk mengumpulkan abu jenazahnya yang ditebarkan kepadanya. Kemudian Allah berfirman: Mengapa kamu melakukan ini? Orang itu menjawab: Karena takut kepada-Mu wahai Tuhanku padahal Engkau sendiri lebih mengetahui. Lalu Allah mengampuni orang tersebut

    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    Tapi jangan ditiru she 🙂
    —————————————–
    ————————————————————
    Shela berkata:
    jadi kalo semisal nih, ada orang rajin sholat, puasanya pol, ilmu agamanya tinggi, setiap hari bertasbih dan dia memandang remeh iblis yang gw asumsikan juga menyembah ALLAH SWT itu aneh! oke memang kita diwajibkan tidak tersesat oleh rayuan iblis, tapi bukan berarti memandang remeh. ibaratnya kita lagi tanding catur, lawan kita itu adalah musuh tapi bukan berarti kita memandang remeh lawan kita kan? ibaratnya gini, iblis itu menggoda manusia untuk membuktikan keyakinan dirinya bahwa dirinya lah yang paling perfect sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT, dan ALLAH SWT udah ngasi lampu hijau untuk urusan goda menggoda itu sampai kiamat, jadi gak ada yang salah soal goda menggoda si iblis karena udah daped izin dari ALLAH SWT, kasarnya itu gak nambah dosa sang iblis. sedangkan manusia (beberapa or mostly) berusaha menghindari godaan itu supaya masuk surga.
    —————————————————-
    Sekali lagi saya setuju sama shela.
    yang uda segitu aja ibadahnya gak boleh berbangga diri. Apalagi orang kayak kita yang amalnya ecek2 ya?
    ———————————————————-

    ————————————————–
    Shela berkata:
    jadi kalo keberadaan PS itu gak ada, siapakah yang akan menang?
    —————————————-
    Yang menang yang dikasi mobil. Kan dia sebih semangat hehehe
    —————————————————–
    ———————————————————-
    Shela berkata:
    bleeeh…capek euy nulisnya….
    —————————————————–
    Iya sih, capek. aku bisa habis sejam bikin satu komen. Cuma aku prefer lewat tulisan dari pada ngomong langsung. Selain bisa dibaca banyak orang, pilihan katanya bisa lebih bagus. dan lebih lembut. (inilah mengapa aku masuk FLP hehehe)
    Dan ini bisa jadi bukti kita di akhirat. bukti pemikiran2 kita.
    ———————————————–

    @ dviest
    kamu udah sangat membantu is. Pikiranmu harus dikeluarin. kalo bagus jadi inspirasi buat yang lain. kalo salah kan ada yang benerin.
    minimal jadi bahan perbincangan.

    @all
    Minggu lalu saya kuliah dengan Ketua Majelis Mujahidin Indonesia (nanti pengen direport di blog insya allah, cuma belum ada waktu). Dia juga penulis buku sejarah syariat islam di Indonesia.
    Dia bilang, muslim di Indonesia ini kebanyakan muslim otodidak. Artinya jadi muslim belajar sendiri. Nah, kalo otodidak, mesti disamain persepsinya. salah satunya dengan tukar pikiran.
    Bukan berdebat loh ya…..!

  41. gin Says:

    @ semua yang komen:

    kalo gitu,.
    bagaimana kalo kita nonton TWILIGHT dulu aja…
    ato kalo tidak nonton di movie box lagi,.

    ni dah bulan desember,.
    sudah berganti bulan,.
    seperti hujan di bulan desember yang disukai oleh Efek Rumah Kaca,.
    maka ada baiknya kita mengadakan acara nonton bareng lagi aja,.
    sebelum kita menghadapi ujian akhir bulan depan….

  42. tiqa Says:

    setujuuuuuuuuuuuu……….
    ayo kita nonton bersama di movie box…..

  43. viestinlove Says:

    @gin : keinginanku untuk menonton film twilight makin menggebu-gebu. ayo gir, kalo sampe minggu depan twilight belon nongol juga di movie box, kita nonton di 21 ajah..
    @ilham:

    minimal jadi bahan perbincangan.

    postinganku belon cukup buat jadi bahan perbincangan apa? ehehe,,, untung kalian sudah mereda…

  44. loet Says:

    ANJIIIIIIIIIING FUCK


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s