reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

Bang Sukrip : Pendahuluan August 11, 2010

Filed under: Uncategorized — diodinta @ 5:56 am

Akhirnya, untuk pertama kalinya aku membahas tentang kuliah di blogku. Ya biar agak kelihatan lah kalo aku juga serius kuliah, gag cuman jalan-jalan atau beromong kosong doank. Sekian waktu yang panjang semasa kuliah aku cuman akan membahas tentang skripsi, hal yang aku usahakan agar dia bisa membantu aku untuk keluar dari lingkaran kesedihan angkatan tua yang setiap kali bertemu orang ditanya : “kapan lulus?”  “kuliah semester berapa?”  “kapan wisuda??”

**PLAKKK**

sesungguhnya pamali bertanya seperti itu kepada angkatan atas.  pertanyaan itu terdengar seperti “kok gag lulus-lulus sih kau??” oh…. menulisnya saja membuatku sedikit kesal. ya begitulah, pertama kali excuses ” lah, tempat saya yang lulus baru 1 orang kok” kemudian menjadi “lah seangkatan saya yang lulus baru 6 orang kok” mungkin suatu saat menjadi tidak mempan lagi jika angka tersebut sudah menembus angka 20 atau 30. fiuhh… oleh karena itulah dengan semangat membara, dan dengan halangan dan kebuntuan yang membara juga, aku mulai mengabdikan diriku kepada bang sukrip (panggilan sayangku kepada skripsi, red)

Sebagai anak ilmu komputer, seharusnya saya bisa yang namanya coding. ya coding adalah menuliskan kata-kata rumit yang orang normal tidak bisa mendeskripsikannya. tapi pada akhirnya akan berakhir indah dan berguna (OPO e….. ). Sampai sekarang saya belum lulus, oleh karena itulah penulisan tetnang kekasihku tercinta, bang sukrip ini, saya bagi ke dalam beberapa bagian yang menyakitkan. dan semoga saya bisa menyelesaikannya di saat yang tepat, sehingga ketika saya baca lagi, ini akan menjadi memory yang membahagiakan.

karena pendahuluan, tentu saja ini belum membahas tentang apa yang saya buat untuk kejutan bang sukrip. i’m workin on it dan sepertinya tidak afdol bila sudah saya tuliskan sekarang. jadi saya akan ceritakan perjalanan panjang saya ketika mencari judul untuk bang sukrip tercinta.

sebetulnya pertama kali yang ada dalam benak saya adalah membuat sms manager berbasiskan web. ketika masa-masa tak jelas antara ide masuk dan penentuan dosen pembimbing, saya buat saja dulu prototypenya. entah sedang kerajinan atau memang menganggur waktu itu, tapi yang jelas prototypenya sudah setengah jadi ketika dosen pembimbing menolak mentah-mentah ide itu. alasannya karena kurang kompleks. benar juga, kalo dalam waktu setengah bulan saya sudah setengah jalan membuat programnya, maka itu tidak layak menjadi skripsi. broken heart, saya langsung mencari ide lain, setidaknya karena kemampuan coding saya terbatas, saya memikirkan hal yang saya bisa buat dan ‘kompleks’.

sebenarnya yang sedang tren saat itu di minat saya (Sistem informasi dan Multimedia) adalah data mining dan data warehouse. tapi mengingat saya mendapatkan nilai C di mata kuliah itu, saya mengurungkan niat untuk membuatnya menjadi skripsi. dan setelah saya pikir-pikir mungkin saya mendapatkan nilai C di mata kuliah itu bukan tanpa alasan. saya hanya Cukup mampu dalam bidang itu. ya, mengingat saya membolos setengah pertemuannya karena kerja praktek.

pikir lagi… pikir lagi… pikir lagi…..

mata kuliah yang saya cukup minati adalah sistem informasi geografi. setidaknya saya menganggap bidang ini cukup menarik. jadi saya menghadap dosen pembimbing lagi dan menyampaikan niat untuk mengimplementasikan sistem informasi geografi. “anak D3 saja mengerjakan itu mbak. coba tambahkan hal lain. tambahkan sistem pendukung keputusan, misalnya. coba cari metodenya”

saat itu saya tidak pernah mengikuti kuliah sistem pendukung keputusan sama sekali. tapi mbah gugle memang penolong. saya mencari-cari metode yang sekiranya tepat.

“coba promethee” usul dosbing ketika saya kebingungan

guglinggggggggggg…. begadang mempelajari

“sepertinya tidak cocok pak untuk sistem yang saya mau buat, bagaimana kalau AHP?”

“anak d3 saja mengerjakan itu”

DUNG.. DUNG.. DUNG… BRAK BRAK (respon gag jelas karna kebingungan)

pada akhirnya saya mengerjakan Implementasi Fuzzy Analytic Hierarchy Process (Fuzzy AHP) dan Sistem Informasi Geografi. lagi-lagi si mbah gugle menjadi penolong sejati. lumayan banyak artikel tentang Fuzzy AHP. walaupun pertama-pertama masih ragu bisa atau tidak mengkodekannya, ternyata sampai saat ini masih lancar sejahtera. Sekarang  masih menunggu presentasi proposal, jadi cerita berikutnya akan saya ceritakan setelah presentasi proposal. kan gag lucu banget dah dengan semangat membara saya tuliskan disini ternyata proposal saya ditolak mentah-mentah, hiks hiks.. walaupun sistemnya dah 70% jadi ketika saya menuliskan cerita ini, semoga semuanya lancar jaya sejahtera. AMIN

 

Leave a Reply

