reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

Bang Sukrip : Sistem Informasi Geografi Berbasiskan Web November 10, 2010

Filed under: Uncategorized — diodinta @ 1:09 am

Sampai saat ini, ada beberapa definisi tentang Sistem Informasi Geografi. Chang (2002) menyebutkan bahwa sistem informasi geografi merupakan sebuah sistem komputer untuk meng-capture, menyimpan, meng-query, menganalisa, dan menampilkan data geografi. By,dkk. (2000) mendefinisikan sistem informasi geografi sebagai sebuah sistem terkomputerisasi yang memiliki fasilitas input data, analisa data, dan menampilkan data, khususnya ketika kita bekerja dengan data spasial.

itu merupakan paragraf pertama dasar teoriku tentang sistem informasi geografi. bukan hal yang patut diceritakan di blog ini karena sudah terlalu banyak sumber yang tersebar. Nah, yang ingin saya bicarakan di sini adalah tentang sistem informasi geografi yang saya buat.

saya membuat SIG daerah UGM dan sekitarnya. data rasternya didapat dari lab Geografi UGM dan google earth. lalu didigitasi sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan. saya menggunakan QGIS (QUatum GIS). yang perlu kita lakukan hanyalah membuat vektor baru (point, line , atau polygon), menentukan informasi-informasi yang mau kita masukkan dalam vektor tersebut, lalu mulailah menggambar dan memasukkan data.

ketika kita menyimpan project kita, sudah otomatis akan disimpan dalam beberapa file (.shp, .shx, .qpj, .rpj). nah, untuk mengimplementasikannya dalam web, saya menggunakan mapserver. kenapa mapserver? terpaksa sih sebenarnya. awalnya aku pengen pake geoserver, yang aku dah lumayan bisa dan agak lebih mudah juga digunakan. tapi karena lebih dari setengah bulan saya mencari pemrograman server-side apa yang bisa digunakan pada geoserver dan sampai saat ini belum ketemu juga, saya menyerah dan beralih ke mapserver (yang jelas-jelas bisa pake php). server-side programming saya perlukan karena saya perlu mengakses basis data. geoserver bisa pake javascript, tapi javascript ternyata cuman client-side programming.

setelah gugling dan belajar tentang mapserver, ternyata gag sesulit itu. belajar yang diperlukan, semoga sampai tahap ini gag usah revisi lagi T_T. pertama kali pake chameleon, tapi kemudian ganti pake maplab, hag hag hag… semoga gag usah ganti lagi. dengan template gratisan dari free css template akhirnya sistem informasi geografi dan sistem pendukung keputusan berhasil dibangun (sistem pendukung keputusannya dibahas lagi di entry selanjutnya, kalo gag males, hehe)

yang perlu diperlukan adalah paket mapserver untuk windows dan maplab untuk windows (keduanya disediakan dalam bentuk .rar). keduanya cukup di ekstrak di drive C, kemudian buka folder ms4w, double click install.bat

buka localhost dalam browser, kemudian akan muncul mapserver dan aplikasi maplab.

tampilan awal maplab

yang asyik dari maplab adalah kita bisa tinggal membuat project dalam GMapFactory yang mempermudah kita menampilkan peta dan memilih feature dan tool apa saja yang bisa kita munculkan dalam halaman web tersebut. ada zoom, pan, dan lain-lain.

pokoknya asyik banget pake maplab. yang perlu kta lakukan hanyalah membuat mapscript yang valid tentang peta yang akan kita munculkan. padahal jika kita menggunakan QGis, kita bisa tinggal eksport digitasi peta kita dalam mapscript pake tool yang udah ada disana. kalo petanya udah ada, berarti hampir gag ada sacrifice yang perlu dilakukan. (tapi bukan berarti aku gag bersacrifice buat peta ini, digitasinya aku mulai dari nol)

tampilan maplab yang dikasih template gratisan yang diedit sana sini :

sungguh bahagia dan berterima kasih kepada developer-developer yang telah mengerjakan software-software yang user friendly dan gratis macam mapserver dan maplab ini.

berhubung kemampuan desain saya NOL besar, mungkin tampilan petanya bisa dibilang buruk rupa. tapi mau ku ubah warnanya, walau belum sempat.

Advertisements
 

2 Responses to “Bang Sukrip : Sistem Informasi Geografi Berbasiskan Web”

  1. wiwik SI rakyat_jelata Says:

    maaf mas/mbak mau tanya..

    saya sedang membuat skripsi tentang mapserver, tolong dibantu ya mas/mbak..

    gini mas/mbak, kan mapfile nya udah dibuat, mas/mbak..
    saya buat pake extension gix tools yang diarcview..
    nah, waktu msauk ke maplab nya, di mapedit sama mapbrowser nya alhamdulillah ndak ada masalah, tapi kalau ke GMapFactory nya itu loh mas/mbak, ndak bisa lanjut dia..
    kenapa ya mas/mbak.??

    ada pesan error begini mas/mbak

    “Not Found

    The requested URL /MapParkir/gmf_apps/appmap/appmap.phtml was not found on this server.”

    tolong bantuannya ya mas/mbak..
    makasi sebelumnya mas/mbak..

    • diodinta Says:

      Dear Mas/mbak..

      maaf aku sudah jarang update blog.
      untuk saat ini (Dan 2 tahun kebelakang)saya sudah tidak pernah menyentuh GIS lagi. jadi antara lupa dan memang tidak tahu. hehehehe
      tapi kalo dilihat dari pesan error nya sih harusnya masnya assign file yang tidak ditemukan itu terlebih dahulu
      /MapParkir/gmf_apps/appmap/appmap.phtml


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s