reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

Untung Sekarang ada internet, kalau dulu… November 2, 2011

Filed under: opinion,Uncategorized — diodinta @ 10:14 am
Tags:

Untung sekarang ada internet. Kalau dulu? Sekedar membayangkan kehidupan manusia sekarang tanpa internetpun agak sulit, terutama bagi saya yang sudah sangat terbiasa hidup di abad milenium.  Saya pribadi merasakan betapa internet memberikan kenikmatan hidup kepada saya yang tinggal sendirian di Bogor. Hidup sendiri, gag punya pacar, seharusnya lengkaplah sudah kesendirian dan kesedihan saya.  Tapi kesendirian ini tidak begitu saya rasakan, karena saya punya internet, tekhnologi yang cuma sedikit lebih primitif dibandingkan pintu kemana saja-nya Doraemon. Katakan kemana kau mau pergi, katakan apa yang kau butuhkan, internet akan membawamu kesana.

Tidak ada satu kasus khusus dimana saya bisa menceritakan kehebatan internet di kehidupan saya, karena, seriously, internet adalah teknologi cukup berjasa dalam kehidupan saya. Tidak cuman satu atau dua, tapi sudah tidak bisa saya hitung lagi. Terlalu banyak hal yang bisa diceritakan. Dulu, sebagai seorang mahasiswa ilmu komputer, saya selalu diharuskan untuk memperlajari sesuatu yang baru, yang bahkan gag bisa gw cari di toko buku. Dimana lagi saya bisa cari bahan selain di internet? Setelah itu gw pikir-pikir, internet adalah salah satu penyebab kenapa perkembangan teknologi komunikasi – komputer – software jauh lebih pesat dibandingkan yang lain. Begitu banyak developer-developer yang dengan berbaik hatinya mau berbagi ilmu di forum-forum internet. Itulah kenapa saya betah duduk tenang dengan jari sibuk di keyboard seharian selama laptop saya terhubung dengan dunia luar. Begitu banyak hal yang bisa saya pelajari di sini.

Waktu mengerjakan skripsi, kami (para mahasiswa) diharuskan untuk mengembangkan suatu software yang kami develop sendiri. Buat mahasiswa miskin yang ilmu kodingnya pas2 kaya saya tentu gag bisa ikut bimbingan, yang dijamin bisa membantu skripsi jadi dalam sekali hap. Hampir tiap hari saya ke perpustakaan kampus (bukan buat mbaca buku, tapi buat wifi an). Dan terang saja internet adalah guru terbaik asalkan manusia tau pertanyaan yang tepat. Belajar dan bertanya, belajar kemudian bertanya lagi, sampai akhirnya skripsi gw bisa selesai tanpa halangan berarti. Internet adalah gudangnya ilmu pengetahuan selama manusia masih mau berbagi.

internet adalah perpustakaan paling lengkap, saluran TV paling menyenangkan, Toko music paling Fun, dan Mall yang tidak melelahkan. Walau sering kali internet memerankan dua peran yang sangat berbeda. Evil and angel. Ketika skripsi mandeg, internet adalah jawaban dari setiap pertanyaan. Tapi ketika sedang tidak mood mengerjakan skripsi, internet memperparah mood itu dengan memberikan hiburan yang sangat menggoda. Itulah tekhnologi, berguna atau tidak, tergantung pada penggunanya. sekarang satu pertanyaan : teknologi mengubah pola hidup manusia atau pola hidup manusia yang membuat manusia mati2an memperjuangkan teknologi tercanggih? Apapun itu, internet telah mengubah perilaku manusia menjadi lebih efisien karena perjalanan informasi telah dimampatkan sedemikian rupa sehingga ketika satu orang menyebarkankannya, dalam detik yang sama pula seluruh dunia bisa mengetahui informasi tersebut.

Untung sekarang ada internet. setelah lulus saya tidak perlu bolak balik beli koran buat cari lowongan. tidak perlu bolak balik kantor pos buat ngirim lamaran, dan tidak perlu buang-buang kertas dan tinta printer buat cetak resume.  keseluruhan proses yang telah dipermudah itu, membuat saya tidak begitu lama menjadi pengangguran.

Untung sekarang ada internet, jadinya skripsi gw bisa selesai tanpa harus nangis-nangis darah nyariin bahan satu demi satu di buku.

Untung sekarang ada internet, jadi gw bisa ngikutin variety show korea kesukaan gw. Kalo dulu, dijamin gw gag bakalan ngeh kalo variety show itu eksis, dan tetep bakalan mantengin sinetron indonesia yang gag ada habisnya.

Untung sekarang ada internet, gw jadi bisa ngubungin sanak family gw yang hidupnya jauh dalam hitungan sepersekian detik. Kalo dulu gw masih sering surat-suratan dan ngumpulin perangko.

Untung sekarang ada internet, jadinya banyak hal yang bisa dilakukan secara online. Belanja online, transfer duit online, lihat pengumuman apa-apa online. Kalau dulu sih mungkin gag masalah ya masih muda, banyak waktu, jadi sekalian jalan-jalan kemana aja gag masalah. Dan dulu jakarta gag semacet ini kan! Jadi semakin banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus melangkahkan kaki, semakin menyenangkanlah dunia ini.

Hidup Internet!!

artikel ini untuk berbagi pemikiran dalam lomba blog wartakota

 

Leave a Reply

