reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

Hilangnya Kesadaran Itu November 22, 2011

Filed under: opinion — diodinta @ 5:45 am

walaupun aku tidak suka bola, dan tidak mengikuti jalannya SEA GAMES, tapi aku tau apa yang terjadi karena banyak temanku yang di facebook dan twitter yang mengumumkan updatannya. inilah kehebatan jejaring sosial. semua berita bisa menyebar dengan cepat tanpa harus menonton tivi atau mendengarkan radio. tapi ada satu hal yang benar-benar mengusik pemikiranku tadi malam. pertandingan final sepak bola indonesia – malaysia. Banyak sekali tweetline atau status facebook yang menjelek-jelekkan malaysia. dan yang membuatku benar-benar prihatin adalah ada juga yang bukan sekedar menjelek-jelekkan, tapi menghina.

latar belakang kenapa banyak orang yang bersikap seperti itu aku tau, tapi sikap seperti itu tetap tidak bisa diterima. ada satu orang yang memposting satu gambar kartun dimana tokohnya mengencingi bendera malaysia. apa sikap seperti ini bisa diterima? Beberapa sepak terjang Malaysia dalam ‘mencari masalah’ dengan indonesia memang cukup mengganggu, tapi bukankah justru karena masalah ini kita, masyarakat indonesia, lebih menghargai budaya dan apa yang kita miliki?

Ada satu web berita yang memposting tentang salah satu warga malaysia yang ‘memprotes’ sikap beberapa orang indonesia yang mendiskriminasikan orang-orang malaysia waktu jalannya sea games. menurutku justru ini tamparan bagi masyarakat indonesia sebagai tuan rumah suatu ajang internasional (yah, ajang asean lah..). tapi apa yang terjadi saudara-saudara? komen2 yang ada di artikel tersebut justru mencaci malaysia dan menganggap bahwa mereka pantas mendapatkannya. what the heck??

Bukan berarti aku membela malaysia, tapi aku tetap mencoba untuk menghargai negara lain dan masyarakatnya, seperti apa yang aku coba bersikap kepada ratusan negara lainnya. kenapa? karena aku ingin banyak orang berpikir sama denganku sehingga mereka menghargai indonesia juga. dan yang membuatku sebal adalah, ketika mereka yang menjelek-jelekkan atau menghina malaysia mengalami kejadian dimana mereka mengetahui ada orang yang menghina indonesia, mereka akan marah-marah dan terlampau sakit hati. then what’ve u done exactly?

Pikirkan juga keberadaan banyak orang di luar indonesia. Jika mereka didiskriminasikan atas apa yang kita telah lukakan kepada mereka, apa yang kita rasakan? Jika orang indonesia di diskriminasikan, dijelek2an, dihina oleh negara lain, kita marah. then dont do that to another. Apalagi saat ini kita menjadi tuan rumah bagi mereka. but what are we trying to impress another country? menjelek2an negara lain yang bertanding dengan kita? membakar loket tiket ketika tidak mendapatkan tiket? membuat kerusuhan ketika tidak bisa memaksa masuk dalam stadion sampai ada korban jiwa? ‘Shame On You’, adalah apa yang dibilang orang malaysia itu ketika mendapat perlakuan diskriminasi. And when i read it, i feel like, yeah, That’s exaclty what we should feel right now. but just few people understand and start mocking again. And they still ask why WAR happen? SHAME ON YOU…

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s