reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

Bikin Passport January 28, 2012

Filed under: curhat — diodinta @ 2:25 am

Karena di lubuk hati gw yang paling dalam tersimpan hasrat untuk menikmati salju, gw memutuskankalau saat ini adalah saat yang paling tepat untuk mempersiapkan semuanya. dimulai dari yang paling mendasar : bikin passport. Membuat passport dengan doa agar bisa digunakan sebelum habis masa berlakunya. Berhubung gw membuat passport dengan cara serba manual, gw menemukan banyak keresahan dan hati tidak tenang ketika membuatnya.

berhubung gw masih bekerja di bogor pas bikin, jadilah gw bikinnya di kantor imigrasi bogor. pertama adalah membeli map kuning (yang didalamnya berisi surat pernyataan bermeterai 6000 serta wadah passport) seharga Rp 15000 di koperasi kantor imigrasi). kemudian mengambil formulir isiannya di (resepsionis?). Saran gw sih ambil nomor antriannya dulu buat penyerahan formulir sebelum melaksanakan apa yang gw tulis di atas, karena dijamin antriannya sangat panjang dan lama. kalo bisa antri dirumah, dijamin gw bisa selesein The Mentalist beberapa episode. Bukannya gw menyalahkan pegawai imigrasi yang kerjanya lama. Tapi mungkin karena yang ngantri emang banyak (pas lagi menjalani proses ini gw masih berpositif thinking). Isi formulisnya sejelas mungkin. dan persiapkan fotokopi surat-surat berikut : KTP, KK, ijasah/akta lahir, surat rekomendasi kerja (bagi yang sudah bekerja). difotokopi di kertas A4 tanpa potong2, dan sejelas mungkin karena mbak penjaganya akan minta kita buat fotokopi ulang kalo misal fotokopiannya bukan di lembar A4 atau fotokopiannya gag jelas.

setelah penyerahan formulir dan perlengkapannya kita akan diberikan surat keterangan untuk foto dan wawancara beberapa hari kemudian. kalo gw sih dari selasa, foto dan wawancaranya hari jumat. jadi 3 hari kita menunggu.

hari jumat pun saya kembali ke kantor imigrasi dan kali ini gw memtuskan untuk berangkat paling pagi yaitu jam 8 sesuai yang ada di jadwal. tapi ternyata waktu gw dateng jam 8 lebih 6 menit, nomor antriannya yang gw dapet adalah 53! dalam hati gw cuman bisa berpikir : sakti banget nih orang2 baru 6 menit dah ada 52 antrian T____T. (more…)