reaksi kehidupan diodinta

tempatku menulis reaksiku terhadap kehidupan

Pulau (Penuh dengan) Harapan November 21, 2014

Filed under: traveling — diodinta @ 8:24 am

“to travel is worth any cost or sacrifice.” – Elizabeth Gilbert (Eat, Pray, Love)

Sebagai seorang pegawai, yang gajinya (masih) biasa-biasa saja, travelling adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan tanpa pemikiran panjang. Mau kemana, perlu berapa hari, perlu cuti atau enggak, biayanya berapa, perlu nabung berapa lama, sama siapa aja. Ya, banyak yang harus dipikirkan. Apalagi jika menginginkan liburan dengan biaya seminim mungkin, akan tetapi tetap semenyenangkan mungkin.

Bagiku, yang pada dasarnya susah bergaul, aku inginnya berpergian dengan orang yang sangat aku kenal. Karena selain lebih mudah koordinasinya, hatipun lebih nyaman, dan rasanya tidak penuh dengan kecanggungan. Aku ingin bisa pergi ke tempat yang indah. Yang pada akhirnya kami putuskan untuk berlibur ke salah satu pulau di kepulauan seribu. Yang pada akhirnya pula, kami putuskan untuk pergi ke pulau harapan.

kasihan anak orang

Karena diharuskan berkumpul di Muara Angke jam 5, kami memutuskan untuk menggelandang di stasiun senen malamnya (karena sekalian menjemput teman yang datang dari Gombong jam 00:30, dan ada kopami yang trayeknya senen – muara angke). Jika ada pengalaman baru yang kami alami adalah, ini pertama kalinya ‘diusir’ satpam saat mencoba tidur di salah satu sudut pelataran stasiun senen. Sakitnya itu disini *nunjuk jidat*. Walaupun pada akhirnya kami menemukan spot untuk ndelosor dan rehat sejenak. Jangan salah loh. Stasiun senen ternyata rame banget walau dini hari gitu.

Jadilah kami ke muara angke dengan menumpangi kopami 02 jurusan senen – muara angke. Yang supirnya ngotot minta dibayar 150rb buat ber8 orang dengan alesan yang sudah tidak dapat kami tangkap (ya, jam 4 pagi tanpa tidur berarti sudah memasuki jam bodoh kami, yang pada akhirnya kami iyakan daripada bikin males). Perjalanan terasa sangat lama, jalanan sepi dan si supir sangat bersemangat mengendarai kendaraannya. Banting kiri, banting kanan. Alhamdulillah, selamat, akhirnya sampai ke Muara Angke.

Bukannya mau menjelek-jelekkan, akan tetapi memang muara angke tempat yang mencengangkan. Bisa dipahami karena ini adalah pasar ikan, akan tetapi bau + beceknya itu bener-bener bikin ieuw… Bahkan salah satu dari rombongan kami dibuat muntah olehnya. Disambut oleh bau yang tidak menyenangkan, toilet yang airnya habis, ini bukan pengalaman pertama yang menyenangkan. Akan tetapi karena bersama, kita bisa!

Karena sampai pelabuhan awal, kami dapat spot menyenangkan di kapal. Di bagian bawah saat itu masih kosong, jadi kami dengan puasnya masing-masing bisa tiduran deretan kaya ikan dijemur. Tertidur, aku antara sadar dan tidak sadar mendengar kapal yang mulai berisik. Dibangunkan oleh goyangan kapal yang aduhai, aku mulai melihat keadaan sekitar yang beneran kayak barak penampungan. Kebanyakan pada duduk dengan kaki dilipat, dan kami dengan egoisnya tidur selonjor.  Tapi tetep tebel muka, gag mau geser banyak-banyak. Jika kami tidak tiduran, orang lain toh akan bisa tiduran juga. Biarlah kemewahan sementara ini jadi milik kami.

Sampai di Pulau Harapan, airnya biru bagus sih. khas pantai-pantai tropis yang menyenangkan. Akan tetapi, khas orang indonesia, pengelolaan sampahnya gag begitu bagus. Jadi di beberapa tempat masih dapat dilihat onggokan yang bisa bikin kita mengerutkan dahi.

Dijemput oleh tour guide, kami diantarkan ke homestay, yang menurut kami, lumayan lah. Kamar nya 2. Satu berAC. ada ruang tamu, ruang TV. Walau posisi toiletnya agak aneh, yang menjadi bahan pembicaraan kami sepanjang hari, dimana jika harus menggunakan toilet tersebut seperti parkir mobil paralel dengan kekuatan kamehameha.  Poin plus dari tour ini adalah, makannnya enak! bahkan dijamu buah-buahan. Segar dan cocok untuk liburan di pantai.

Habis itu kita jalan-jalan sekitaran pulau, snorkling juga. Bisa foto underwater juga loh

Overall, perjalanan sangat menyenangkan karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan bersama orang-orang yang menyenangkan 🙂